Hidayah, Hesti Nur (2023) Implementasi Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Permainan Engklek Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa SMP. Masters thesis, IAIN Kudus.
Text
cover-kata pengantar.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (189kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (278kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (443kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (587kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (485kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (479kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (269kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (283kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh lunturnya permainan tradisional dalam masyarakat Blora dan kurangnya minat belajar matematika siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah: pertama, untuk mengetahui minat belajar matematika siswa sesudah memperoleh pembelajaran matematika berbasis etnomatematika permainan engklek dan sebelum memperoleh pembelajaran matematika berbasis etnomatematika permainan engklek. Kedua, untuk mengetahui minat belajar matematika siswa sesudah memperoleh pembelajaran matematika berbasis etnomatematika permainan engklek dan minat belajar matematika siswa sesudah memperoleh pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 2 Todanan. Dalam memilih sampel, peneliti menggunakan teknik cluster random sampling sehingga mendapatkan sampel kelas VII A dan VII B. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji paired sample t-test dan independent t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Hasil uji hipotesis diperoleh nilai thitung(7,788)> ttabel(2,060). Berdasarkan kriteria uji-t pihak kanan, H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa minat belajar matematika siswa sesudah memperoleh pembelajaran matematika berbasis etnomatematika permainan engklek lebih baik daripada minat belajar matematika siswa sebelum memperoleh pembelajaran matematika berbasis etnomatematika permainan engklek. Kedua, Hasil uji hipotesis diperoleh nilai thitung(2,986)> ttabel(2,009). Berdasarkan kriteria uji-t pihak kanan, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa minat belajar matematika siswa sesudah memperoleh pembelajaran matematika berbasis etnomatematika permainan engklek lebih baik daripada minat belajar matematika siswa sesudah memperoleh pembelajaran konvensional. Setelah adanya penerapan pembelajaran matematika berbasis etnomatematika engklek minat belajar matematika siswa bertambah menjadi lebih baik. Selama proses pembelajaran siswa lebih terlibat dan cenderung aktif. Selain itu dengan adanya penerapan pembelajaran matematika berbasis etnomatematematika permainan engklek siswa menjadi kembali mengingat permainan tradisional engklek. Hal ini merupakan salah satu cara untuk melestarikan budaya.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Permainan Tradisional Engklek, Minat Belajar Matematika Siswa, Pembelajaran Berbasis Etnomatematika | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan Ilmu-Ilmu Murni > Matematika |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 20 Sep 2024 03:51 | ||||||
Last Modified: | 20 Sep 2024 03:51 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12033 |
Actions (login required)
View Item |