Penggunaan Strategi Pembelajaran Eth (Everyone Is Teacher Here) Dalam Mengembangkan Ketrampilan Komunikasi Interpersponal Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Di Smp 5 Kudus

Al-Ghifari, Fauzi Tazkia (2023) Penggunaan Strategi Pembelajaran Eth (Everyone Is Teacher Here) Dalam Mengembangkan Ketrampilan Komunikasi Interpersponal Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Di Smp 5 Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
cover-kata pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (189kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (395kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (395kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (406kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (253kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (322kB)

Abstract

Fauzia Tazkia Al-Ghifari, NIM. 1810910031. Penggunaan Strategi Pembelajaran Everyone Is Teacher Here Dalam Mengembangkan Ketrampilan Komunikasi Interpersponal Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Di Smp 5 Kudus. rogram S.1 Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, IAIN Kudus, 2023. Penggunaan Strategi Pembelajaran Everyone Is Teacher Here Dalam Mengembangkan Ketrampilan Komunikasi Interpersponal Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Di Smp 5 Kudus, bertujuan untuk apa saja yang didapatkan siswa dengan pemakaian strategi pembelajaran Everyone Is Teacher Here (ETH) dalam meningkatkan kemampuan interpersonal siswa di SMPN 5 Kudus yang khususnya dalam mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menambah wawasan mengenai bagaimana peran dan manfaat dengan berkembangnya kemampuan komunikasi interpersonal dalam diri siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang disajikan secara deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer meliputi wawancara dengan guru IPS di SMPN 5 Kudus, siswa kelas VII SMPN 5 Kudus, serta wakil kepala sekolah. Sumber data sekunder yaitu data dokumen, jurnal, buku sesuai tema, serta observasi lokasi penelitian di SMPN 5 Kudus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara campuran yakni, 1). Wawancara dengan wakil kepala sekolah SMPN 5 Kudus 2). Wawancara dengan guru IPS yang menggunakan Everyone Is Teacher Here (ETH) di SMPN 5 Kudus. 3). Serta siswa kelas VII yang sudah melakukan pembelajaran menggunakan Everyone Is Teacher Here (ETH) di SMPN 5 Kudus. Kemudian observasi partisipatif dengan cara dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan melalui kredibilitas triangulasi, menggunakan bahan referensi dan mengadakan member check. Analisis data dilakukan dengan beberapa tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini sebagai berikut: 1) Penerapan strategi pembelajaran Everyone Is Teacher Here dalam mengembangkan ketrampilan komunikasi interpersponal siswa pada mata pelajaran IPS di SMP 5 Kudus dilakukan dengan langkah berupa pemberian pertanyaan pematik, pembentuan kelompok, pemberian pertanyaan, menerangakan hasil jawaban pertanyaan di depan kelas. 2) Hambatan yang masih sering dialami adalah siswa masih kurang bisa mengutarakan pemikirannya, memerlukan waktu yang cukup lama, dan perlunya control yang kuat dari guru agas pembelajaran tetap kondusif. Sementara respon siswa cukup bagus. 3) Penerapan strategi pembelajaran Everyone Is Teacher Here dalam mengembangkan ketrampilan komunikasi interpersponal siswa pada mata pelajaran IPS di Smp 5 Kudus, secara keseluruhan berhasil dan dapat meningkatakan kemampuan komunikasi interpersonal juga mengalami keberhasilan, sebab siswa menjadi lebih berani berpendapat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSulaswari, MisrohUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Everyone Is Teacher Here (ETH), Komunikasi Interpersonal, Strategi pembelajaran
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 Sep 2024 04:42
Last Modified: 20 Sep 2024 04:42
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12039

Actions (login required)

View Item View Item