Amelia, Silfana (2023) Implementasi Nilai-nilai Pancasila dalam Pembentukan Karakter Siswa melalui Pembelajaran IPS pada Kelas VIII MTs Mamba’ul Ulum Mambak Pakis Aji Jepara. Masters thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (256kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (172kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (253kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (301kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (261kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (526kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (217kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (223kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu (1) mengetahui bagaimana implementasi nilai-nilai Pancasila dalam pembentukan karakter siswa melalui pembelajaran IPS kelas VIII, (2) mengetahui hasil dari implementasi nilai-nilai Pancasila dalam pembentukan karakter siswa melalui pembelajaran IPS kelas VIII, (3) dan mengetahui faktor yang mempengaruhi implementasi nilai-nilai Pancasila dalam pembentukan karakter siswa melalui pembelajaran IPS kelas VIII. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan mendeskripsikan dan menganasilis objek, prilaku, dan peristiwa yang terjadi dilapangan sesuai dengan fakta yang ada. Sumber data dari penelitian yaitu sumber data primer dan data sekunder. Adapun informan penelitian ini adalah guru IPS kelas VIII, wali kelas VIII, dan siswa kelas VIII MTs Mamba’ul Ulum Mambak. Data-data hasil penelitian didapat dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam uji keabsahan datanya penelitian ini menggunakan uji kredibilitas data yang dilakukan dengan teknik tringulasi. Kemudian teknik analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian yaitu implementasi nilai-nilai Pancasila dilakukan melalui pembelajaran IPS kelas VIII dengan menggunakan media dan strategi pembelajaran yang telah dibuat oleh guru IPS yaitu dengan memberikan materi mengenai nilai-nilai Pancasila disela-sela pembelajaran materi IPS. Melalui implementasi nilai-nilai Pancasila dapat memberikan pengetahuan bagi siswa mengenai Pancasila. Siswa dapat memahami pancasila sebagai dasar Negara, dan juga siswa mengalami perkembangan karakter yang cukup baik. Faktor yang mendukung implementasi nilai-nilai Pancasila dalam pembentukan karakter siswa melalui pembelajaran IPS pada kelas VIII MTs Mamba’ul Ulum Mambak Pakis Aji Jepara adalah kesadaran guru terhadap pentingnya pembentukan karakter siswanya, dan minat siswa dalam belajar sangat berpengaruh terhadap berjalannya implementasi. Kemudian faktor yang menghambat implementasi yaitu perilaku siswa yang sebagian masih sulit diarahkan dan tidak fokus dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pancasila, Karakter, IPS | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 23 Sep 2024 07:56 | ||||||
Last Modified: | 23 Sep 2024 07:56 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12047 |
Actions (login required)
View Item |