Efektivitas Model Pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, and Share) terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Literasi Numerasi

Putriana, Canthika (2023) Efektivitas Model Pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, and Share) terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Literasi Numerasi. Masters thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (145kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (195kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (506kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (583kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (938kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (217kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (353kB)

Abstract

Pentingnya kemampuan komunikasi matematis dan literasi numerasi untuk pembelajaran matematika dalam memahami masalah matematis dan konsep matematis. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Mengetahui efektivitas proses pembelajaran matematika pada materi bangun ruang sisi datar menggunakan model pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, and Share) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis, (2) Mengetahui efektivitas proses pembelajaran matematika pada materi bangun ruang sisi datar menggunakan model pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, and Share) untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research) dengan pendekatakan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII regular MTs Negeri 1 Kudus yang berjumlah 250 siswa. Penarikan sampel dalam penelitian ini yaitu dengan teknik cluster random sampling diperoleh sebanyak 61 siswa yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan melakukan tes uraian, observasi, dan dokumentasi. Uji prasyarat dalam penelitian ini yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Dalam penelitian ini terdapat 2 hipotesis yang akan diuji dengan pengujian hipotesis paired sample t test. Dan dilakukan uji gain ternormalisasi untuk mengetahui peningkatan yang lebih baik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan rata-rata nilai kemampuan komunikasi matematis yang menggunakan model pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, and Share). Dibuktikan dengan perolehan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 pada analisis paired sample t test. Pengujian gain ternormalisasi juga menunjukkan hasil bahwa peningkatan pada kelas eksperimen lebih baik yaitu sebesar 52% dengan interpretasi sedang dan pada kelas kontrol hanya mengalami peningkatan sebesar 22% dengan interpretasi rendah. Artinya, penerapan model pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, and Share) efektif terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis. (2) Terdapat perbedaan rata-rata nilai kemampuan literasi numerasi yang menggunakan model pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, and Share). Dibuktikan dengan perolehan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 pada analisis paired sample t test. Pengujian gain ternormalisasi juga menunjukkan hasil bahwa peningkatan pada kelas eksperimen lebih baik yaitu sebesar 55% dan pada kelas kontrol hanya mengalami peningkatan sebesar 25%. Artinya, penerapan model pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, and Share) efektif terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis. Berdasarkan dari data-data penelitian, disimpulkan bahwa efektivitas pembelajaran dengan model SSCS (Search, Solve, Create, and Share) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan literasi numerasi menunjukkan hasil yang efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHaqiqi, Arghob KhofyaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: SSCS, Komunikasi Matematis, Literasi Numerasi
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 23 Sep 2024 08:37
Last Modified: 23 Sep 2024 08:37
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12049

Actions (login required)

View Item View Item