Implementasi Cooperative Learning pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Berbasis Ketrampilan Pembelajaran Abad 21 di MTs Salafiyah Asy Syafi’iyah Jatirogo Tuban

Rahmawati, Endris (2023) Implementasi Cooperative Learning pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Berbasis Ketrampilan Pembelajaran Abad 21 di MTs Salafiyah Asy Syafi’iyah Jatirogo Tuban. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (957kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (440kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (556kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (745kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (378kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (905kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (338kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (432kB)

Abstract

Pembelajaran PAI di Indonesia kurang efektif karena kurangnya kepercayaan diri peserta didik dalam bertanya , mereka hanya pasif dan seringkali diam dalam pembelajaran. Problematika ini juga berasal dari pendidik bahwa banyak pendidik yang hanya memfokuskan pemahaman materi saja tanpa memperhatikan strategi yang tepat. Proses belajar mengajar ini masih mengarah kepada aspek kognitif atau pemahaman materi saja, seperti pendekatan teacher centered atau ceramah saja.. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk memahami bentuk-bentuk, faktor pendukung dan penghambat yang dihadapai pendidik, dan untuk mengetahui implikasi dari implementasi cooperative learning pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits berbasis ketrampilan pembelajaran abad 21 di MTs Salafiyah Jatirogo Tuban. Jenis penelitian ini adalah penelitiaan kualitatif deskriptif. MTs Salafiyah Asy Syafi’iyah Jatirogo Tuban menjadi lokasi penelitian ini. Penelitian ini menguraikan secara detail dan rinci tentang kegiatan, fenomena atau peristiwa tertentu yang dituangkan dalam bentuk narasi. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini meliputi kepala madrasah, waka kurikulum, guru Al-Qur’an Hadits dan peserta didik. Uji keabsahan data melalui teknik triangulasi sumber, teknik dan waktu. Analisis data melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa bentuk-bentuk implementasi cooperative learning pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Salafiyah Asy Syafi’iyah Jatirogo Tuban menggunakan tipe Teams Games Tournament, Numbered Head Together, jigsaw, dan group discussion. Materi yang menggunakan cooperative. Metode pembelajaran yang digunakan diantaranya adalah metode ceramah, inquiry dan kooperaf. Strategi mengajar yang digunakan yaitu diskusi, tanya jawab, drill dan tentunya cooperative learning. Media yang digunakan antara lain proyektor, audio, audio/visual, media cetak ataupun video. Faktor pendukung dalam kesuksesan cooperative learning antara lain peran kepala sekolah yang terbuka dengan inovasi guru, peserta didik yang antusias, dan kemauan guru dalam mengembangkan kompetensinya. Sedangkan faktor penghambat yang menjadi kendala yaitu alokasi waktu yang kurang, alat peraga dan media pembelajaran yang kurang memadai, dan peserta didik yang terlihat awam sehingga kurang kondusif dalam pembelajaran. Adapula implikasi dari implementasi cooperative learning yaitu memudahkan peserta didik dalam memahami materi, melatih tanggung jawab, toleransi, meningkatkan hubungan pertemanan, meningkatkan keberanian peserta didik dalam bertanya dan berkomunikasi dengan guru maupun temannya dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHuda, MualimulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Cooperative learning, Pembelajaran, Al-Qur’an Hadits
Subjects: Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 Sep 2024 02:09
Last Modified: 24 Sep 2024 02:09
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12054

Actions (login required)

View Item View Item