Pengaruh Penerapan Model Think Pair and Share terhadap Hasil belajar Siswa kelas V Keturunan Sedulur Sikep pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD 3 kaliyoso Undaan Kudus

Mariyatusyidiyah, Mariyatusyidiyah (2023) Pengaruh Penerapan Model Think Pair and Share terhadap Hasil belajar Siswa kelas V Keturunan Sedulur Sikep pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD 3 kaliyoso Undaan Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
cover-kata pengantar.pdf

Download (669kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (456kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (285kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (515kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (793kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (694kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (864kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (373kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (470kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah (1) guna memahami hasil belajar siswa keturunan sedulur sikep sebelum diterapkan model think pair and share (2) guna memahami hasil belajar siswa sesudah diterapkan model think pair and share (3) guna memahami pengaruh yang signifikan dalam penerapan model think pair and share terhadap hasil belajar siswa keturunan sedulur sikep. Penelitian ini memakai penelitian kuantitatif yang diselenggarakan di sd 3 kaliyoso. Sumber data penelitian ini ialah kepala sekolah, guru mata pelajaran pendidikan agama islam dan siswa kelas V. Teknik penghimpunan data didapatkan melalui melakukan observasi, dokumentasi dan tes. Kemudian analisis data memakai metode penelitian eksperimen yakni Posstest Only Control Design. Pengambilan sampel dilaksanakan melalui penggunaan Teknik Simple Random Sampling. Berlandaskan hasil penelitian dibagikan simpulan (1) Hasil belajar siswa keturunan sedulur sikep (samin) sebelum penerapan model think pair share pada pembelajaran PAI mencakup kategori cukup, hal ini mampu disajikan melalui hasil posttets kelas A yang menampilkan nilai rata-rata hasil belajar siswa sejumlah 70,6. (2) Hasil belajar siswa keturunan sedulur sikep (samin) pada penerapan model think pair share pada pembelajaran PAI termasuk dalam kategori baik, hal ini dapat dibuktikan dari hasil posttets kelas B yang mendapatkan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah sebesar 85,6. (3) berdasarkan hasil uji (t) parsial , dapat dipahami bahwa pengaruh penerapan model think pair and share terhadap hasil belajar siswa keturunan sedulur sikep yaitu Nilai t hitung sebesar 4,678 dengan nilai t tabel 2,100 dan nilai signifikansi 0,001. Dari hasil perhitungan uji-t diperoleh nilai t hitung melampui nilai t tabel (4,678 > 2,100), hal ini mengartikan H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran think pair share terhadap hasil belajar siswa kels v keturunan sedulur sikep pada mata pelajaran Pendidikan agama islam di undaan kudus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKisbiyanto, KisbiyantoUNSPECIFIED
Thesis advisorFu'adah, LailyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Think Pair Share, Pendidikan Agama Islam , Keturunan Sedulur Sikep
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 Sep 2024 05:05
Last Modified: 24 Sep 2024 05:05
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12070

Actions (login required)

View Item View Item