Penerapan Metode Peer Teaching terhadap Pembentukan Karakter Interaksi Sosial Anak Penyandang Disabilitas dalam Pembelajaran IPS pada Siswa Fase D di SLB Sunan Prawoto Pati Tahun Ajaran 2022/2023

Liza, Munawara Nur (2023) Penerapan Metode Peer Teaching terhadap Pembentukan Karakter Interaksi Sosial Anak Penyandang Disabilitas dalam Pembelajaran IPS pada Siswa Fase D di SLB Sunan Prawoto Pati Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (202kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (173kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (255kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (432kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (228kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (403kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (148kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (292kB)

Abstract

Penelitian ini dibuat dengan mengetahui bagaimana penerapan metode Peer Teaching terhadap pembentukan karakter interaksi sosial Anak penyandang disabilitas dalam pembelajaran IPS pada peserta didik fase D di SLB Sunan Prawoto Pati. Metode kualitatif deskritif digunakan dalam penelitian ini serta observasi dilapangan untuk menghasilkan data yang valid. Data yang sudah didapatkan dengan metode tersebut kemudian diolah untuk menjadi pembahasan yang sistematis. penerapan metode Peer Teaching terhadap pembentukan karakter interaksi sosial Anak penyandang disabilitas dalam pembelajaran IPS pada peserta didik fase D di SLB Sunan Prawoto Pati, peneliti menemukan proses penerapannya, faktor pendukung dan hambatan dari penerapannya, dan dampak positif dari penerapan metode tersebut. Dari proses penerapannya, metode Peer Teaching menggunakan tiga tahapan dimana terdiri dari perencanaan, pelaksanaan (langkah-langkah), dan evaluasi. Selanjutnya dalam penerannya memiliki faktor pendukung (guru, interaksi sosial, peserta didik) dan faktor penghambat (lingkungan, ketidakpahaman peserta didik, miskomunikasi). Selain itu, penerapan metode Peer Teaching memiliki dampak positif dengan meningkatnya peserta didik dalam aspek kerjasama, saling mengenal, tolong menolong, saling menghargai dan memiliki rasa empati dan simpati. Kata Kunci: Peer Teaching, interaksi sosial Anak penyandang disabilitas,

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNur, Dany Miftah MUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peer Teaching, interaksi sosial Anak penyandang disabilitas, pembelajaran IPS
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 Sep 2024 03:35
Last Modified: 25 Sep 2024 03:35
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12075

Actions (login required)

View Item View Item