Hubungan Self Confidence dan High Order Tinking Skills (HOTS) dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Lingkaran Siswa Kelas VIII MTs Al Irsyad Gajah

Sa’adah, Ulya (2023) Hubungan Self Confidence dan High Order Tinking Skills (HOTS) dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Lingkaran Siswa Kelas VIII MTs Al Irsyad Gajah. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
cover-kata pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (440kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (285kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (500kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (649kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (603kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (788kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (391kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (356kB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu keterampilan dalam matematika yang penting peranannya. Kemampuan pemecahan masalah matematis diartikan sebagai upaya seseorang dalam rangka menemukan jalan keluar dari permasalahan matematika yang tujuannya untuk menggapai hasil yang maksimal. Namun, hal tersebut tidak sejalan dengan yang ada di lapangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara self confidence siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII di MTs Al-Irsyad Gajah Demak, (2) apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara high order thinking skills (HOTS) dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII di MTs Al Irsyad Gajah Demak, dan (3) apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara self confidence siswa, high order thinking skills (HOTS) dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII di MTs Al Irsyad Gajah Demak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif denga jenis penelitian korelasional. Penelitian ini dilakukan di MTs Al Irsyad Gajah Demak dengan jumlah seluruh peserta didik kelas VIII sebanyak 130 siswa. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Clustering Random Sampling mengambil siswa kelas VIII B dengan jumlah 26 anak, sementara kelas uji coba instrumen dilakukan di kelas VIII A dengan jumlah 27 anak. Data penelitian didapat melalui angket, dokumentasi, dan tes. Kemudian untuk analisis data menggunakan regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data, didapatkan hasil: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara self confidence dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan perolehan t_hitung (8,674)>t_tabel (1,708) , (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara high order thinking skills (HOTS) dan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan nilai t_hitung (7,580)>t_tabel (1,708), (3) terdapat hubungan yang positif antara self confidence dan high order thinking skills (HOTS) dengan kemampuan pemecahan masalah matematis. Besarnya hubungan terlihat dari F_hitung (46,329)>F_tabel (3,42) dan taraf signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga dapat dikatakan sangat signifikan. Sedangkan persentase hubungan self confidence dan high order thinking skills (HOTS) dengan kemampuan pemecahan masalah matematis bisa dilihat dari nilai nilai R square atau koefisien determinasi. Dari output menunjukkan nilai R_2 (adjusted R square) memperoleh nilai 0,784 Jadi sumbangan hubungan dari variabel independen self confidence dan high order thinking skills (HOTS) yaitu 78,4%, sedangkan 21,6% dipengaruhi oleh faktor lain baik internal maupun eksternal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMaharani, RizqonaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: self confidence, high order thinking skills (HOTS), kemampuan pemecahan masalah matematis
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Sep 2024 09:01
Last Modified: 26 Sep 2024 09:01
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12128

Actions (login required)

View Item View Item