The Use of Idiomatic Expressions in Comic Strips to Facilitate Students’ Vocabulary Mastery at an Indonesian Senior High School in Kudus

Nurullita, Shafira (2023) The Use of Idiomatic Expressions in Comic Strips to Facilitate Students’ Vocabulary Mastery at an Indonesian Senior High School in Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (204kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Vocabulary merupakan salah satu aspek terpenting yang harus dikuasai oleh siswa, khususnya dalam bahasa Inggris. Sebagian besar siswa saat ini tidak tahu banyak kosakata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jawaban atas rumusan masalah dalam tugas akhir ini. Tesis ini membahas tentang penggunaan ekspresi idiomatik dalam komik strip untuk memfasilitasi penguasaan kosa kata siswa di salah satu SMA Indonesia di Kudus. Dalam hal ini, penulis memiliki dua masalah. Yang pertama adalah untuk mengetahui penggunaan ekspresi idiomatik dalam komik strip dalam hal memfasilitasi pembelajaran. Yang kedua adalah untuk mengetahui persepsi siswa tentang penggunaan ekspresi idiomatik dalam komik strip untuk proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Penulis menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dengan 6 siswa kelas dua belas bahasa dan juga guru sastra Inggris, serta dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan cara terbuka di mana penulis dapat mengajukan lebih banyak pertanyaan daripada yang tercantum dalam pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan cara triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekspresi idiomatik dalam komik strip dapat memudahkan siswa dalam meningkatkan kosa kata mereka. Di sisi lain, guru juga merasa senang menggunakan media komik kembali, dan terbantu karena siswa bisa diajak berdiskusi bersama. Selain itu, beberapa respon positif ditunjukkan oleh siswa. Diantaranya merasa tertantang dalam belajar, kemampuan komunikasinya meningkat, kosakatanya bertambah, terlibat aktif dalam pembelajaran, dan yang terakhir adalah siswa merasa senang dan tidak tertekan selama proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWahyuningsih, SriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penguasaan Kosakata, Ekspresi Idiomatik, Komik Strip
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Bahasa > Bahasa Inggris > Tata Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris (BI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Sep 2024 07:50
Last Modified: 27 Sep 2024 07:50
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12134

Actions (login required)

View Item View Item