Pengaruh Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Kelas VII di SMP Al-Qur’an Terpadu (SMPQT) Al Hamidiyah Margoyoso Pati Tahun Ajaran 2020/2021

Sari, Ladesi Wulan (2023) Pengaruh Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Kelas VII di SMP Al-Qur’an Terpadu (SMPQT) Al Hamidiyah Margoyoso Pati Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover - Kata Pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (440kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (360kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (552kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (700kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (669kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (782kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (409kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (429kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh (1) seberapa baik pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) peserta didik kelas VII di SMP Al-Qur’an Terpadu (SMPQT) Al Hamidiyah Margoyoso Pati, (2) seberapa besar kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik kelas VII di SMP Al-Qur’an Terpadu (SMPQT) Al Hamidiyah Margoyoso Pati, (3) pengaruh pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik kelas VII di SMP Al-Qur’an Terpadu (SMPQT) Al Hamidiyah Margoyoso Pati. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research (lapangan) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 42 peserta didik putri kelas VII dengan menggunakan teknik non probability sampling (teknik sampling jenuh). Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik kuesioner, tes lisan dan dokumentasi. Analisis penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Pembelajaran baca tulis Al-Qur’an (BTA) peserta didik kelas VII di SMP Al-Qur’an Terpadu (SMPQT) Al Hamidiyah Margoyoso Pati, menunjukkan dalam kategori cukup baik. Berdasarkan hasil perolehan nilai angket, diperoleh nilai rata-rata sebesar 67,23yang termasuk kategori interval 56-70. 2) Kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik peserta didik Kelas VII di SMP Al-Qur’an Terpadu (SMPQT) Al Hamidiyah Margoyoso Pati, menunjukkan dalam kategori cukup tinggi. Berdasarkan hasil perolehan nilai angket, diperoleh nilai rata-rata sebesar 25,72 yang termasuk kategori interval 20-26. 3). Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pembelajaran baca tulis Al-Qur’an terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik putri peserta didik Kelas VII Di SMP Al-Qur’an Terpadu (SMPQT) Al Hamidiyah Margoyoso Pati. Hal ini dapat diketahui dari hasil persamaan regresi Y=5,248+0,304X, yang berarti setiap penambahan satu poin pembelajaran baca tulis Al-Qur’an maka akan meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Sedangkan nilai koefisien determinasi diperoleh hasil sebesar 20,1 % yang artinya pembelajaran baca tulis Al-Qur’an memberikan kontribusi bagi peserta didik dalam meningkatkan kemampuan memabaca al Al-Qur’an, sedangkan sisanya 79,9 % dipengaruhi oleh variabel-variabel lain diluar penelitian. Dan juga dibuktikan dari hasil uji T dan uji F, dapat diketahui bahwa hasil uji T, Thitung lebih besar dari pada Ttabel yaitu (3,169>2,021) sedangkan uji F, nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel yaitu (10,04>4,08) .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFalah, AhmadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an dan Kemampuan Membaca Al-Qur’an
Subjects: Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan
Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 Sep 2024 04:28
Last Modified: 30 Sep 2024 04:28
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12157

Actions (login required)

View Item View Item