Elvana, Rika (2023) Penggunaan Aplikasi Taksonomi Tumbuhan Sebagai Media Pembelajaran Biologi Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Plantae Kelas X SMA/MA. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
cover-kata pengantar.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (364kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (280kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (631kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (505kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (676kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (649kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (476kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (608kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Ketercapaian pelaksanaan pembelajaran dengan penggunaan aplikasi taksonomi tumbuhan dalam pembelajaran Biologi materi Plantae di MA NU Miftahul Ulum. 2) Pemahaman siswa kelas X MA NU Miftahul Ulum dalam menggunakan aplikasi taksonomi tumbuhan pada materi Plantae. 3) Efektivitas aplikasi taksonomi tumbuhan sebagai media pembelajaran biologi terhadap pemahaman siswa pada materi Plantae kelas X MA NU Miftahul Ulum. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian yaitu One Group Pretest-Postest Design. Populasi dari penelitian ini yaitu siswa kelas X MIPA dan X Peminatan Biologi di MA NU Miftahul Ulum. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X MIPA dengan jumlah 23 dan X Peminatan Biologi dengan jumlah 25 siswa yang dijadikan sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan tes berupa soal materi Plantae, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa menggunakan aplikasi taksonomi tumbuhan dalam kategori yang sangat baik. Kedua, pemahaman siswa setelah menggunakan aplikasi taksonomi tumbuhan menunjukkan bahwa 91,6% mencapai ketuntasan belajar, sedangkan sisanya yaitu 8,4% belum mencapai ketuntasan belajar. Ketiga, penggunaan aplikasi taksonomi tumbuhan sebagai media pembelajaran Biologi dinyatakan efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi Plantae kelas X. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi < 0,05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi Taksonomi Tumbuhan, Pemahaman Siswa, Materi Plantae | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 02 Oct 2024 01:19 | ||||||
Last Modified: | 02 Oct 2024 01:19 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12166 |
Actions (login required)
View Item |