Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa

Khamdi, Alavin Azkha (2023) Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (181kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (81kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (213kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (421kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (313kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (270kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (181kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperiment (penelitian semu) yang melibatkan dua sampel subjek sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kemudian, kedua kelompok subjek diberi pre-test untuk mengamati kondisi awal dan post-test untuk mengamati kondisi sesudah diberi treatment. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini yaitu untuk memperlihatkan efektivitas pembelajaran model kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap kemampuan siswa dalam berpikir kritis matematis pada kelas IX di MTs NU Sultan Agung Golantepus Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh. Adapun data yang terpilih terdiri dari dua kelas, yaitu kelas IX A yang terdapat 26 peserta (objek eksperimen) dan kelas IX B yang terdapat 27 peserta (objek kontrol). Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai pre-test pada objek eksperimen bernilai 54,42 dan pada objek kontrol bernilai 54,63. Sedangkan, untuk rata-rata nilai post-test pada objek eksperimen bernilai 80,96 dan pada objek kontrol bernilai 71,30. Berdasarkan data penelitian dari uji independent sample t-test, didapatkan nilai t_hitung >t_tabel (3,982 > 2,008) yang artinya tingkat kemampuan siswa dalam berpikir kritis matematis antara pembelajaran model kooperati tipe TAI dan pembelajaran model konvensional terdapat perbedaan. Berdasarkan penarikan keputuasan pengujian N-Gain, diperoleh hasil rata-rata kemampuan siswa dalam berpikir kritis matematis kelas eksperimen bernilai 0,5970 dan pada kelas kontrol bernilai 0,3682 yang berarti penggunaan pembelajaran model kooperatif tipe TAI efektif terhadap peningkatan kemampuan siswa dalam berpikir kritis matematis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMasrukhin, MasrukhinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran TAI, Model Pembelajaran Konvensional, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 02 Oct 2024 01:50
Last Modified: 02 Oct 2024 01:50
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12168

Actions (login required)

View Item View Item