Sari, Jauharin Nafisa Arum (2023) Implementasi Pendidikan Karakter Toleransi dalam Keberagaman Agama Melalui Pembelajaran Contexstual Teaching and Learning pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Donorojo Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01.COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02.ABSTRAK.pdf Download (351kB) |
|
Text
03.DAFTAR ISI.pdf Download (269kB) |
|
Text
04.BAB I.pdf Download (612kB) |
|
Text
05.BAB II.pdf Download (603kB) |
|
Text
06.BAB III.pdf Download (343kB) |
|
Text
07.BAB IV.pdf Download (553kB) |
|
Text
08.BAB V.pdf Download (431kB) |
|
Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (447kB) |
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini yaitu masih adanya kasus kurangnya intoleransi dalam keberagaman dalam lingkungan masyarakat. Kasus intoleransi dalam keberagaman agama yang banyak sekali terjadi tidak hanya dalam lingkungan social masyarakat tetapi juga dalam lingkungan sekolah yang memiliki keberagaman agama di dalamnya. Di SMP Negeri 1 Donorojo merupakan salah satu lembaga pendidikan karakter toleransi dalam keberagaman agama karna di SMP Negeri 1 Donorojo memilki keberagaman agama yaitu agama Islam, Kristen dan Buddha. Dalam menerapkan pendidikan karakter toleransi dalam keberagaman agama di SMP Negeri 1 Donorojo dilakukan menggunakan metode pembelajaran Contexstual Teaching and Learning. Penggunaan metode pembelajaran Contexstual Teaching and Learning agar peserta didik dapat memahami materi pendidikan karakter toleransi dalam keberagaman agama serta menerapkannya di dunia nyata. Tujuan peneliti dalam melakukan penelitian yakni Bagaimana implementasi pendidikan karakter toleransi dalam keberagaman agama melalui pembelajaran contexstual teaching and learning pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Donorojo Tahun Pelajaran 2022/2023? Bagaimana Keberhasilan Penerapan Pendidikan Karakter Toleransi dalam Keberagaman Agama Menggunakan Metode Pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada pembelajaran IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Donorojo Tahun Pelajaran 2022/2023? Baaimana kekurangan dan kelebihan dari metode pembelajaran Contextuan Teaching and Learning pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Donorojo Tahun Pelajaran 2022/2023? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian file reseach atau melakukan penelitian secara lapangan, dimana peneliti melakukan sendiri terjun langsung ke lapanganuntuk melakukan penelitian dan pengamatan. Peneliti juga melakukan action research, yang dimana peneliti berkolaborasi dengan pendidik untuk melakukan penerapan pendidikan karakter toleransi dalam keberagaman agama menggunakan metode Contextual Teaching and Learning. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif untuk memperoleh data dan dokumentasi mengenai pendidikan toleransi dalam keberagaman agama menggunakan metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Donorojo. Teknik yang digunakan yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam uji kebasahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi yang terdiri dari triangulasi sumber, teknik dan waktu. Selanjutnya data dianalisis dengan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Toleransi, Contextual Teaching and Learning, IPS | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 02 Oct 2024 04:49 | ||||||
Last Modified: | 02 Oct 2024 04:49 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12184 |
Actions (login required)
View Item |