Pengaruh Penggunaan Metode Demonstrasi dan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Pada Mata Pelajaran IPS Di MTs NU Raudlatus Shibyan Peganjaran Bae Kudus

Fadlilah, Itsnaini (2023) Pengaruh Penggunaan Metode Demonstrasi dan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Pada Mata Pelajaran IPS Di MTs NU Raudlatus Shibyan Peganjaran Bae Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (135kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (71kB)
[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (460kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (593kB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (666kB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (701kB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (237kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (297kB)

Abstract

Masih banyaknya seorang pendidik yakni bapak atau ibu guru yang mengajar yang menggunakan metode ceramah yakni seorang guru yang sepenuhnya menerangkan materi pembelajaran tanpa adanya media pembelajaran. Sehingga menyebabkan peserta didik menjadi bosan, jenuh bahkan kurang memahami materi pembelajaran yang sedang diajarkan. Sehingga perlu adanya sebuah metode dan media yang mampu membuat peserta didik bersemangat dalam mengikuti pembelajaran sehingga memudahkan peserta didik untuk memahami pembelajaran dan membuat hasil belajar peserta didik menjadi memuaskan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode demonstrasi dan media audiovisual terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan metode penelitian kuantitatif. Adapun Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Teknik simple random sampling termasuk dalam Teknik probability sampling dengan jumlah sampel 34 orang. Teknik analisis dengan menggunakan analisis regresi dan korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode demonstrasi berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik dengan jumlah nilai t hitung lebih besar dari t tabel (4,445 > 1,692). Penggunaan media audiovisual berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik yakni dengan jumlah nilai t hitung lebih besar dari t tabel (22,128 > 1,692).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKarim, AbdulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Demonstrasi, Media Audiovisual, dan Hasil Belajar Peserta Didik
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Oct 2024 01:45
Last Modified: 03 Oct 2024 01:45
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12186

Actions (login required)

View Item View Item