Keefektifan Model Pembelajaran Role Playing terhadap Keterampilan Generik Sains Siswa pada Materi Sistem Ekskresi Kelas XI MIPA MA Ma’ahid Kudus

Nikmah, Chidatun (2023) Keefektifan Model Pembelajaran Role Playing terhadap Keterampilan Generik Sains Siswa pada Materi Sistem Ekskresi Kelas XI MIPA MA Ma’ahid Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (346kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (664kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (4MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (365kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (987kB)

Abstract

Tujuan adanya penelitian ini antara lain untuk: 1) mengetahui penerapan model pembelajaran role playing pada siswa kelas XI MA Ma’ahid Kudus. 2) mengetahui keterampilan generic sains siswa pada materi system ekskresi kelas XI MIPA MA Ma’ahid Kudus. 3) mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran role playing terhadap keterampilan generic sains siswa pada materi system ekskresi kelas XI MIPA MA Ma’ahid Kudus. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis quasi experiment posttest only control group design. Pengambilan sampel menggunakan cluster sampling diperoleh kelas XI MIPA 2 (eksperimen) dan XI MIPA 3 (kontrol) sebanyak 71 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif dan uji hipotesis menggunakan uji independent sample t test.Adapun hasil analisis: 1) penerapan model pembelajaran role playing pada pertemuan pertama 92% sintaks terlaksana dengan kategori sangat baik. Pertemuan kedua 100% sintaks terlaksana dengan kategori sangat baik dan pada pertemuan ketiga 84% sintaks terlaksana dengan kategori baik. 2) keterampilan generik sains siswa pada materi sistem ekskresi, kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 66 berkategori baik dan kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 49,7 berkategori cukup baik. 3) Hasil uji hipotesis menggunakan uji independent sample t test menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,000<0,05 yang berarti H1 diterima atau terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil posttest kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 3. Hal ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh pada penerapan model pembelajaran role playing terhadap keterampilan generik sains siswa pada materi sistem ekskresi kelas XI MIPA MA Ma’ahid Kudus

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWardhani, Irma YuniarUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Role Playing, Keterampilan Generik Sains, Sistem Ekskresi.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Oct 2024 02:03
Last Modified: 03 Oct 2024 02:03
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12191

Actions (login required)

View Item View Item