Khasanah, Amaliyah Maqshudatul (2023) Implementasi Model Pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA Materi Pemanfaatan Gaya Listrik dalam kehidupan Sehari-hari hidup Kelas IV di MI Muhammadiyah 2 Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (10MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (339kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (327kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (400kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (746kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (405kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (475kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (337kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (316kB) |
Abstract
Tujuan penelitian dalam pembahasan ini adalah (1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana implementasi model pembelajaran talking stick pada mata pelajaran IPA materi pemanfaatan gaya listrik dalam kehidupan sehari-hari kelas IV di MI Muhammadiyah 2 Kudus. (2) Untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik kelas IV MI Muhammadiyah 2 Kudus dalam penerapan model pembelajaran talking stick pada mata pelajaran IPA materi pemanfaatan gaya listrik dalam kehidupan sehari-hari di MI Muhammadiyah 2 Kudus. Penelitian ini berjenis penelitian lapangan (field research), pendekatan kualitatif, data-data akan diolah dan dihasilkan bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif yaitu: pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), kemudian Kesimpulan (conclusing drawing/verification). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi Model Pembelajaran talking stick Pada Mata Pelajaran IPA kelas IV MI Muhammadiyah 2 Kudus adalah dilakukan dengan beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, penilaian dan evaluasi. Tahap perencanaan yaitu berupa penyusunan RPP, tahap pelaksanaan ini terdapat tiga tahap yaitu pada tahap awal, pendidik memulai pelajaran dengan salam pembuka do'a bersama dan presensi, tahap kedua pemaparan materi dan praktik dengan menggunakan model pembelajaran talking stick dan tahap terakhir yakni kesimpulan dan penutup. 2) Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas IV MI Muhammadiyah 2 Kudus dalam Penerapan model pembelajaran talking stick pada Mata Pelajaran IPA materi pemanfaatan gaya listrik dalam kehidupan sehari-hari yaitu meningkat, motivasi belajar ini di ukur melalui empat indikator yaitu, perasaan senang, ketertarikan untuk belajar, menunjukkan perhatian saat belajar, dan keterlibatan dalam belajar. Selain indikator motivasi belajar, motivasi belajar peserta didik juga dipengaruhi oleh dua faktor yakni faktor internal dan faktor eksternal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Talking Stick, Motivasi Belajar, IPA | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 03 Oct 2024 02:10 | ||||||
Last Modified: | 03 Oct 2024 02:10 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12193 |
Actions (login required)
View Item |