Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Untuk Meningkatkan Percaya Diri Peserta Didik di MTs NU Nurul Huda Kudus

Salwa, Safitra (2023) Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Untuk Meningkatkan Percaya Diri Peserta Didik di MTs NU Nurul Huda Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (265kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (314kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (313kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (466kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (425kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (635kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (298kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (376kB)

Abstract

Kepercayaan diri merupakan kemampuan yang harus dimiliki peserta didik supaya dapat lebih baik dalam mencapai prestasi. Meningkatkan kepercayaan diri pada peserta didik akan memberikan dampak positif dalam proses belajar mereka, karena kepercayaan diri merupakan faktor kunci untuk mencapai kesusksesan di masa depan. Jika peserta didik mengalami masalah rendahnya kepercayaan diri dalam proses belajar, beberapa hal yang dapat terjadi adalah sulit menerima realita diri dan merendahkan kamampuan diri sendiri. Peserta didik yang memiliki rendahnya kepercayaan diri cenderung memiliki pandangan negatif terhadap diri sendiri, merasa dirinya tidak mampu atau kurang berharga. Hal ini dapat mempengaruhi motivasi dan kinerja belajar mereka secara keseluruhan. Untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik, perlu dilakukan perlakuan salah satunya yaitu bimbingan kelompok teknik diskusi, dimana bimbingan kelompok teknik diskusi merupakan salah satu layanan yang diberikan guru BK kepada peserta didik untuk menunjang perkembangan pribadi dan sosial peserta didik melalui interaksi saling bertukar informasi dan pengalaman. Hal ini menjadi alasan peneliti mengambil judul diatas untuk mengatasi kurangnya percaya diri peserta didik. Fokus penelitian ini adalah bagaimana pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi untuk meningkatkan percaya diri peserta didik kelas VIII F MTs NU Nurul Huda Kudus. Dalam menjawab permasahan tersebut peneliti melakukan jenis penelitian kuantitatif yang pelaksanaannya dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan metode pretest-postes control group design yang kemudian hasilnya dianalisis dengan uji Independent Sampel T-test untuk membandingkan rata-rata dua kelompok yang berbeda yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Perlakuan yang diberikan dalam penelitian ini adalah bimbingan kelompok teknik diskusi. Hasil analisis Independent Sampel T-test diperoleh thit = 3.932 > ttabel = 2.074 dengan nilai signifikasi 0.01 < 0.05 yang artinya Ha diterima H0 ditolak. Sehingga dapat ditarik kesimpulan ada perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan diketahui nilai mean dari kelompok eksperimen 163.20 sedangkan kelompok kontrol 145.40 dapat dilihat perbedaan nilai dari kelompok eksperimen yang sudah diberikan perlakuan dan kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan, dengan kesimpulan bimbingan kelompok teknik diskusi berpengaruh meningkatkan percaya diri peserta didik kelas VIII F MTs NU Nurul Huda Kudus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSetyawan, David AriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Teknik Diskusi, Percaya Diri
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Oct 2024 07:52
Last Modified: 03 Oct 2024 07:52
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12207

Actions (login required)

View Item View Item