Khusna, Naili (2023) Strategi Pengenalan Konsep Bilangan Matematika Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus Tunarungu Kelas Persiapan A di Yayasan Anak Hebat Semarang Tahun 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
01. COVER.pdf Download (7MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (339kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (292kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (357kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (435kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (404kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (699kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (501kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (319kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian yang penulis lakukan adalah: (1) Untuk mengetahui strategi pembelajaran dalam pengenalan konsep bilangan matematika anak usia dini berkebutuhan khusus tunarungu kelas persiapan A di Yayasan Anak Hebat Semarang taahun 2022/2023. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan strategi pembelajaran dalam pengenalan konsep bilangan matematika anak usia dini berkebutuhan khusus tunarungu kelas persiapan A di Yayasan Anak Hebat Semarang tahun 2022/2023. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kualitatif. Peneliti memilih lokasi penelitian di Yayasan Anak Hebat Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Objek keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, dan bahan referensi. Strategi merupakan cara atau metode yang digunakan untuk mencappai tujuan tertentu. Menurut hasil penelitian dan analisis data strategi pembelajaran dalam pengenalan konsep bilangan matematika anak usia dini berkebutuhan khusus tunarungu ada 3 yaitu; (1). Pengenalan isyarat angka 1-10, (2). Pengenalan lambang bilangan 1-10, (3). Pengenalan nama bilangan dengan tulisan sambung. Selain strategi dalam pengenalan konsep bilangan matematika pada anak berkebutuhan khusus tunarungu, faktor pendukung dalam keberhasilan strategi pembelajaran antara lain; (1). Media pembelajaran yang menarik, (2). Alat bantu dengar (ABD), (3). Kerjasama orang tua. Selain faktor pendukung terdapat faktor penghambatnya yaitu; (1). kelas yang sempit menyebabkan konsentrasi anak mudah terganggu, (2). Ketrampilan guru dalam mengajar anak tunarungu yang bukan dari lulusan sarjana pendidikan luar biasa (PLB), (3). Tingkat ketunarunguan anak di kelas persiapan A yang berbeda-beda.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi pembelajaran, konsep bilangan, tunarungu | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Khusus |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 03 Oct 2024 08:19 | ||||||
Last Modified: | 03 Oct 2024 08:19 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12210 |
Actions (login required)
View Item |