Fitria, Anis (2023) Minat Membayar Zakat Perdagangan: ditinjau dari Pengetahuan, Motivasi Spiritual, dan Tingkat Pendapatan di Pasar Jember Kudus Bagi Generasi Milenial. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
01.COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
02.ABSTRAK.pdf Download (243kB) |
|
Text
03.DAFTAR ISI.pdf Download (255kB) |
|
Text
04.BAB I.pdf Download (763kB) |
|
Text
05.BAB II.pdf Download (914kB) |
|
Text
06.BAB III.pdf Download (739kB) |
|
Text
07.BAB IV.pdf Download (805kB) |
|
Text
08.BAB V.pdf Download (607kB) |
|
Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (459kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya minat membayar zakat perdagangan yang ditinjau dari segi Pengetahuan, Motivasi Spiritual, dan Tingkat Pendapatan. Penelitian ini dilakukan pada pedagang pasar yang masuk ke dalam generasi milenial yang berlokasi di Pasar Jember Kudus. Metode yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan di Pasar Jember Kudus. Populasi dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 31 responden dengan teknik Non Probability Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan bantuan SPSS 25. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Variabel pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat hal ini dapat dibuktikan dengan hasil uji t statistik yang menunjukkan bahwa nilai thitung 2,404 lebih besar dari ttabel 2,052 (2,404>2,052) dengan tingkat signifikansinya sebesar 0,021 lebih kecil dari pada 0,05 (0,021<0,05). 2) Variabel motivasi spiritual berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat hal ini dapat dibuktikan dengan hasil uji t statistik yang menunjukkan bahwa nilai thitung 2,282 lebih besar dari ttabel 2,052 (2,282>2,052) dengan tingkat signifikansinya sebesar 0,031 lebih kecil dari pada 0,05 (0,031<0,05). 3) Sedangkan variabel tingkat pendapatan tidak berpengaruh terhadap minat hal ini dapat dibuktikan dengan hasil uji t statistik yang menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 0,837 lebih kecil dari ttabel 2,052 (0,837<2,052) dengan tingkat signifikansinya 0,410 lebih besar dari pada 0,05 (0,410>0,05). Dan Uji F secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat membayar zakat perdagangan di pasar Jember Kudus bagi generasi milenial hal ini dibuktikan dengan hasl uji f statistik bahwa F hitung > F tabel (3,058 > 2,85) dengan probabilitas signifikannya 0,045 < 0,05. Besaran pada pengaruh ketiga variabel adalah 25,4% yang dapat dilihat pada uji koefisien determinasi R Square yaitu sebesar 0,254 menunjukkan bahwa pengaruh yang dimiliki pada variabel pengetahuan, motivasi spiritual, dan tingkat pendapatan memiliki pengaruh yang sangat kecil karena sisanya 74,6% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengetahuan, Motivasi Spiritual, Tingkat Pendapatan, dan Minat Zakat Perdagangan | ||||||
Subjects: | Fiqih, Hukum Islam > Ibadah > Zakat | ||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf (MZW) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 08 Oct 2024 02:39 | ||||||
Last Modified: | 08 Oct 2024 02:39 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12237 |
Actions (login required)
View Item |