Sriyati, Sriyati (2023) The Implementation of Tongue Twister to Improve Explosive Consonant Pronunciation of Eighth Graders: a Case Study in an Islamic Junior High School in Pati. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (217kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (230kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (310kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (549kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (256kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (727kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (152kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (287kB) |
Abstract
Pengajaran keterampilan pronunciation(pronunciation skill) dalam bahasa Inggris perlu mendapatkan perhatian yang lebih. Oleh sebab itu, guru harus menerapkan strategi atau teknik yang tepat ketika mengajarkannya kepada siswa. Dalam situasi dan perkembangan zaman seperti saat ini, perlu adanya sistem pembelajaran yang alternatif dan didesain dengan semenarik mungkin sehingga membuat proses pembelajaran menjadi semakin menarik dan tidak membosankan, salah satunya dengan menerapkan teknik yang dapat menarik perhatian siswa seperti teknik tongue twister untuk melatih keterampilan pronunciation siswa. Dalam kaitannya dengan hal ini, peneliti melakukan sebuah penelitian untuk mengetahui terkait bagaimana implementasi dari teknik tongue twister dalam pembelajaran pronunciation di MTs Tarbiyatus Shibyan Margomulyo Juwana Pati dan kelebihan serta kelemahan apa saja yang diperoleh selama menerapkan teknik tongue twister dalam mengajar keterampilan pronunciation siswa Dalam hal ini, peneliti menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Peneliti menggunakan objek penelitian berupa siswa kelas VIII MTs Tarbiyatus Shibyan Margomulyo Juwana Pati tahun pelajaran 2022/2023, yang terdiri 37 siswa. Dalam pengambilan data, peneliti menggunakan, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mengimplementasikan teknik tongue twister dalam pengajaran pronunciation, guru menggunakan 2 metode, yaitu (1) guru memberikan dua kalimat tongue twister di papan tullis, kemudian guru memberikan contoh bagaimana melafalkan dan membacanya. (2) guru memainkan kamus bahasa Inggris digital di Handphone, kemudian guru meminta siswa untuk melafalakn kalimat tongue twister bersama-sama. Sedangkan itu, penerapan teknik tongue twister memiliki kelebihan seperti: membuat siswa menjadi semakin fasih dalam melafalkan suatu kalimat, seru, menantang dan tidak membosankan. Sedangkan kelemahan dari penggunaan teknik tongue twister dalam mengajar pronunciation diantaranya: membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menerapkannya, membutuhkan kesabaran dari seorang guru yang mengajarkannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Tongue Twister, Pronunciation, Explosive consonant pronunciation | ||||||
Subjects: | Bahasa > Bahasa Inggris | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris (BI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 08 Oct 2024 06:58 | ||||||
Last Modified: | 08 Oct 2024 06:58 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12248 |
Actions (login required)
View Item |