Difficulties of Single-Sex Class Students in Learning Speaking: A Case Study at One Islamic Senior High School In Kudus

Haq, M. Hanif Irhamul (2023) Difficulties of Single-Sex Class Students in Learning Speaking: A Case Study at One Islamic Senior High School In Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRACT.pdf

Download (397kB)
[img] Text
3. TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (258kB)
[img] Text
4. CHAPTER I.pdf

Download (382kB)
[img] Text
5. CHAPTER II.pdf

Download (523kB)
[img] Text
6. CHAPTER III.pdf

Download (393kB)
[img] Text
7. CHAPTER IV.pdf

Download (517kB)
[img] Text
8. CHAPTER V.pdf

Download (366kB)
[img] Text
9. REFERENCES.pdf

Download (449kB)

Abstract

Kemampuan berbicara (speaking) merupakan salah satu keterampilan penting dalam menguasai bahasa Inggris dan sangat penting untuk berkomunikasi dengan orang sekitar. Namun dalam proses menguasi kemampuan berbicara, siswa menghadapi banyak kesulitan yang dapat menghambat perkembangan keterampilan berbicara mereka. Dalam penelitian ini peneliti mengkaji kesulitan belajar siswa pada kelas Single-sex di MA NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan siswa kelas putra dan putri di MA NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus dalam pembelajaran speaking, dan alternatif penanganan kesulitan berbicara siswa. Metode deskriptif kualitatif diadopsi oleh peneliti sebagai metodologi penelitian dan observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner sebagai instrumen penelitian ini. Partisipan dalam proses wawancara adalah tiga siswa laki-laki dan tiga siswa perempuan kelas 10 dan satu guru bahasa inggris, dan untuk peserta pengisian angket terdapat 27 siswa laki-laki kelas 10 IPS dan 31 siswa perempuan kelas 10 IPA. Hasil penelitian ini adalah 1) Seluruh siswa laki-laki memilih tata bahasa (grammar) sebagai komponen speaking yang paling sulit, 2) Seluruh siswa perempuan memilih pengucapan (pronunciation) sebagai aspek speaking yang paling sulit di kelas perempuan, 3) Alternatif yang digunakan oleh guru bahasa Inggris di MA NU Ibtidaul Falah Kudus untuk memecahkan masalah speaking siswa termasuk menggunakan code-switching untuk kesulitan pemahaman (comprehension), menggunakan dialog atau monolog untuk kesulitan kelancaran (fluency), menggunakan mind mapping untuk kesulitan kosa kata (vocabulary), menggunakan strategi elaborasi dan strategi pengulangan untuk kesulitan pengucapan (pronunciation), dan menggunakan pembelajaran berbasis permainan untuk kesulitan tata Bahasa (grammar).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSuciati, SuciatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: speaking difficulties, single-sex class, speaking alternatives
Subjects: Bahasa > Bahasa Inggris
Bahasa > Bahasa Inggris > Pemakaian Bahasa Inggris Baku
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris (BI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Oct 2024 07:26
Last Modified: 08 Oct 2024 07:26
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12251

Actions (login required)

View Item View Item