Peningkatan Kemampuan Menyelesaikan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) Siswa Kelas VII Melalui Metode Drill di SMP IT Amal Insani Jepara

Azizah, Rizka Lailiyatul (2023) Peningkatan Kemampuan Menyelesaikan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) Siswa Kelas VII Melalui Metode Drill di SMP IT Amal Insani Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (323kB)
[img] Text
03. DAFATR ISI.pdf

Download (330kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (379kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (410kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (456kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (460kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (311kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (329kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan memperoleh beberapa temuan yaitu 1) Dapat mengetahui kemampuan menyelesaikan soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) siswa kelas VII SMP IT Amal Insani Jepara sebelum diterapkan metode drill, 2) Dapat mengetahui kemampuan menyelesaikan soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) siswa kelas VII SMP IT Amal Insani Jepara setelah diterapkan metode drill, 3)Mengetahui peningkatan kemampuan menyelesaikan soal HOTS dengan metode drill siswa kelas VII SMP IT Amal Insani Jepara.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif untuk memperoleh signifikasi peningkatan kemampuan menyelesaikan soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) melalui metode drill, sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Subjek penelitian ini adalah 27 siswa kelas VII SMP IT Amal Insani Jepara yang diambil dari populasi yang representative (mewakili). Tenik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes. Analisis data pada penelitian ini menggunakan bantuan program aplikasi IBM SPSS Statistic versi 26 dan program aplikasi Microsoft Excel 2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kemampuan awal siswa dalam menyelesaikan soal berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada siswa kelas VII SMP IT Amal Insani Jepara termasuk soal berpikir tinggi yang cukup sulit dimengerti siswa ,didapatkan nilai terendah pada pretest yaitu 25 dan nilai tertinggi yaitu 65 dan dengan nilai rata-rata pada siswa yaitu 44,22. 2) Kemampuan menyelesaikan soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) setelah diberikan beberapa perilaku berupa contoh-contoh soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) banyak pada siswa kelas VII SMP IT Amal Insani yang mulai dapat menyelesaikan persoalan dalam soal berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) yaitu dilihat melalui nilai posttest dengan nilai terendah 40 dan nilai tertinggi 90. 3) Terdapat peningkatan kemampuan menyelesaikan soal berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) siswa kelas VII melalui metode drill, dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil pretest dan posttest, pada nilai rata-rata pretest yaitu 44,22 dan meningkat pada posttest yaitu 70,15 ditunjukkan pula dari hasil pengujian Uji-t menunjukkan nilai sig 0,000 lebih kecil atau kurang dari 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWidiyastuti, WahyuningUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) dan Kemampuan meningkatkan menyelesaikan soal HOTS
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Oct 2024 02:20
Last Modified: 10 Oct 2024 02:20
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12300

Actions (login required)

View Item View Item