Pengaruh Model Pembelajaran AIR (Auditory Intellectually Repetition) Terhadap Kemampuan Penyelesaian Soal HOTS Siswa SMP

Damayanti, Pricilia Sinta (2023) Pengaruh Model Pembelajaran AIR (Auditory Intellectually Repetition) Terhadap Kemampuan Penyelesaian Soal HOTS Siswa SMP. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (8MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (359kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (319kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (394kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (473kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (436kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (538kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (356kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (323kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) mengetahui seberapa tinggi kemampuan penyelesaian soal HOTS siswa yang mengikuti model pembelajaran AIR di SMP Negeri 3 Lasem, (2) mengetahui seberapa tinggi tinggi kemampuan penyelesaian soal HOTS siswa yang mengikuti model pembelajaran Langsung di SMP Negeri 3 Lasem, (3) mengetahui adanya pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran AIR terhadap kemampuan penyelesaian soal HOTS siswa SMP Negeri 3 Lasem. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design dengan pendekatan kuantitatif. teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Terdapat 5 butir tes soal HOTS yang digunakan penelitian pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Lasem tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 208 siswa, dengan penggunaan teknik cluster random sampling sebagai pengambilan sampel dan diperoleh kelas VIII A terdiri dari 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan VIII B terdiri dari 34 siswa sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian diperoleh (1) Rata-rata kemampuan penyelesaian soal HOTS kelas kontrol adalah 66,06. Berdasarkan kriteria interpretasi hasil postest kemampuan penyelesaian soal HOTS yang didapatkan siswa saat menggunakan model pembelajaran langsung tergolong sedang dengan interpretasi 53,335 < X ̅ ≤ 66,665. (2) Rata-rata kemampuan penyelesaian soal HOTS kelas eksperimen adalah 79,12. Berdasarkan kriteria interpretasi hasil postest kemampuan penyelesaian soal HOTS yang didapatkan siswa saat menggunakan model pembelajaran AIR tergolong tinggi dengan interpretasi 66,665 < X ̅ ≤ 79,995. (3) Berdasarkan uji independent sample t-test pada hasil tes kemampuan penyelesaian soal HOTS diperoleh t_hitung=4,718 > t_tabel=1,99656 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran AIR (Auditory Intellectually Repetition) terhadap kemampuan penyelesaian soal HOTS siswa SMP Negeri3 Lasem.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAuliya, Nanang Nabhar FakhriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran AIR (Auditory Intellectually Repetition) dan Kemampuan Penyelesaian Soal HOTS
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Oct 2024 02:56
Last Modified: 10 Oct 2024 02:56
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12311

Actions (login required)

View Item View Item