Rohmah, Fadhil Faqih Dhuhur (2023) Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Untuk Mengurangi Perilaku Verbal Bullying Pada Peserta Didik MTs Mazroatul Huda Karanganyar. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (344kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (509kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (423kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (597kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (524kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (756kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (347kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (426kB) |
Abstract
Dalam konteks dunia pendidikan, khususnya di sekolah, istilah bullying merujuk pada perilaku agresif yang dilakukan berulang–ulang oleh seseorang atau kelompok siswa yang memiliki kekuasaan terhadap siswa atau siswi lain yang lebih lemah, dengan tujuan menyakiti orang tersebut Kecendrungan perilaku agresif, berkaitan erat dengan afektif siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah ; 1) untuk mengetahui bagaimana gambaran perilaku bullying verbal pada peserta didik MTs Mazroatul Huda Karanganyar ; 2) Untuk mengetahui seberapa efektifkah layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing untuk mengurangi perilaku bullying verbal pada peserta didik MTs Mazroatul Huda Karanganyar. Penelitian ini membahas mengenai gambaran perilaku verbal bullying peserta didik dan seberapa efektif layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing untuk mengurangi perilaku verbal bullying peserta didik yang dilakukan di MTs Mazroatul Huda Kranganyar. Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti melakukan jenis penelitian kuantitatif dengan metode pre-experimental design bentuk one-group pretest-postest design yang kemudian hasilnya dianalisis dengan uji Paired Sampel T-test untuk mengetahui perubahan perilaku responden sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Perlakuan yang diberikan dalam penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing. Perilaku verbal bullying peserta didik berdasarkan hasil pre-test sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing masih cukup tinggi, dimana 14% peserta didik melakukan verbal bullying pada kategori tinggi, 47% siswa pada kategori sedang dan 39% peserta didik pada kategori rendah. Hasil analisis Paired Sampel T-test diperoleh nilai thit = 4.925 > ttabel = 2.030 dengan nilai signifikasi 0.00 < 0.05 yang artinya Ha diterima sehingga dapat ditarik kesimpulan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing efektif mengurangi perilaku verbal bullying peserta didik MTs Mazroatul Huda Karanganyar, dengan tingkat efektivitas 5% berdasarkan hasil penurunan prosentase perilaku verbal bullying peserta didik sebelum dan sesudah diberikan perlakuan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Verbal Bullying, Role Playing, Bimbingan Kelompok | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 10 Oct 2024 03:36 | ||||||
Last Modified: | 10 Oct 2024 03:36 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12320 |
Actions (login required)
View Item |