Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Think Talk Write melalui Media Flashcard terhadap Kemampuan Menulis Puisi Peserta Didik Kelas II Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di MIN 6 Demak

Sa’diyyah, Khalimatus (2023) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Think Talk Write melalui Media Flashcard terhadap Kemampuan Menulis Puisi Peserta Didik Kelas II Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di MIN 6 Demak. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1.COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2.ABSTRAK.pdf

Download (292kB)
[img] Text
3.DAFTAR ISI.pdf

Download (224kB)
[img] Text
4.BAB 1.pdf

Download (667kB)
[img] Text
5.BAB 2.pdf

Download (996kB)
[img] Text
6.BAB 3.pdf

Download (560kB)
[img] Text
7.BAB 4.pdf

Download (737kB)
[img] Text
8.BAB 5.pdf

Download (206kB)
[img] Text
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (428kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan rata-rata penerapan model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) melalui media flashcard terhadap kemampuan menulis puisi bahasa Indonesia peserta didik kelas II. Metode penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian True Experimental Design dan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi penelitian yaitu pada kelas II MIN 6 Demak. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Sampel yang digunakan, kelas II A sebagai kelompok eksperimen dan kelas II B sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data melalui tes essay, dokumentasi, observasi dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test. Sebelumnya data terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan menulis puisi bahasa Indonesia peserta didik meningkat. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata (mean) nilai kelompok eksperimen lebih tinggi yaitu 80,76 daripada kelompok kontrol yaitu 73,58. Selain itu, hasil uji-t (t-test) dengan taraf signifikansi 5% diperoleh t hitung = 5.758> t tabel 1.995 dan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000< 0,05. Hal ini berarti bahwa hipotesis penelitian yang diajukan menolak hipotesis nol (Ho) dan Ha diterima Dari hasil uji hipotesis tersebut maka terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Think Talk Write melalui media flashcard terhadap kemampuan menulis puisi bahasa Indonesia peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKisbiyanto, KisbiyantoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Think Talk Write, Media Flashcard, Kemampuan Menulis Puisi Bahasa Indonesia
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 Oct 2024 08:47
Last Modified: 14 Oct 2024 08:47
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12347

Actions (login required)

View Item View Item