Analisis Implementasi Relationship Marketing dalam Menjaga Loyalitas Nasabah pada Produk Simpanan Al Amin (Studi Kasus Pada KSPPS BMT Al Amin Kudus)

Afidah, Nafikatun (2023) Analisis Implementasi Relationship Marketing dalam Menjaga Loyalitas Nasabah pada Produk Simpanan Al Amin (Studi Kasus Pada KSPPS BMT Al Amin Kudus). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (279kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (205kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (717kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (868kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (393kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (676kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (188kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (404kB)

Abstract

Semakin bertambahnya tahun persaingan dalam dunia perbankan saat ini khususnya di indonesia baik itu konvensional ataupun bank syariah mengalami kemajuan yang sangat pesat dari tahun-tahun sebelumnya. Untuk menghindari persaingan, maka dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat yaitu dengan implementasi relationship marketing. Dengan konsep ni, perusahaan dapat menjalin hubungan baik dengan pelanggan sehingga tercipta loyalitas pelanggan. yang digunakan dalam penelitian ini adalah relationship marketing dengan dimensi (kepercayaan, komitmen, komunikasi, penanganan konflik). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pemasaran relationship yang diterapkan di KSPPS BMT Al Amin dalam menjaga loyalitas nasabah dan kendala dalam membangun hubungan dengan nasabah di KSPPS BMT Al Amin. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan gambaran secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antara fenomena yang diselidiki. Subyek penelitian ini adalah Manager, Staff Penggalangan Dana dan Pembiayaan, serta Nasabah KSPPS BMT Al Amin. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan intervew, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan dalam penerapan relationship marketing di KSPPS BMT Al Amin yaitu mengedepankan kepercayaan nasabah dengan menerapkan kejujuran, menepati janji, mendengarkan saran dan kritikan dari nasabah dan lainnya, membuat pelanggan komitmen dengan menerapkan pelayanan yang terbaik, menjalin komunikasi yang baik ada dua sistem secara langsung maupun tidak langsung, ramah terhadap nasabah, terakhir penanganan konflik dengan cara kekeluargaan, meminta maaf. Untuk pelanggan yang loyal terhadap KSPPS BMT Al Amin, dapat dilihat dari lamanya pelanggan bergabung menjadi anggota di KSPPS BMT Al Amin. dan Kendala yang dihadapi adalah adanya persaingan antar lembaga baik itu berbasis syariah atau berbasis konvensional, tingkat kepercayaan masyarakat pada KSPPS BMT Al Amin dan kualitas sumber daya manusia yang tersedia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHabibah, MuzayyidatulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Relationship Marketing, Loyalitas Nasabah, Simpanan Mudharabah
Subjects: Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi
Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Oct 2024 04:12
Last Modified: 21 Oct 2024 04:12
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12381

Actions (login required)

View Item View Item