Penerapan metode mind mapping dalam pembelajaran ilmu pengetahuan social materi kehidupan masyarakat pada masa hindu-budha kelas VII di SMP PGRI 15 Sukolilo Pati Tahun Ajaran 2021/2022

Aprilia, Monica Ayu (2023) Penerapan metode mind mapping dalam pembelajaran ilmu pengetahuan social materi kehidupan masyarakat pada masa hindu-budha kelas VII di SMP PGRI 15 Sukolilo Pati Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (264kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (185kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (320kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (416kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (218kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (502kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (222kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (280kB)

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi munculnya permasalahan yang menunjukkan bahwa proses pembelajaran terlalu pasif dan banyak siswa yang bosan dan tidak tertarik dengan pelajaran IPS. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) untuk mengetahui penerapan metode mind mapping dalam pembelajaran ilmu pengetahuan social materi kehidupan masyarakat pada masa hindu-budha kelas VII di SMP PGRI 15 Sukolilo Pati Tahun Ajaran 2021/2022. 2) untuk mengetahui factor pengaruh penerapan metode mind mapping dalam pembelajaran ilmu pengetahuan social materi kehidupan masyarakat pada masa hindu-budha kelas VII di SMP PGRI 15 Sukolilo Pati Tahun Ajaran 2021/2022. 3) untuk mengetahui manfaat yang diperoleh dalam penerapan metode mind mapping dalam pembelajaran ilmu pengetahuan social materi kehidupan masyarakat pada masa hindu-budha kelas VII di SMP PGRI 15 Sukolilo Pati Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian langsung kelapangan dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan wawancara, pengamatan, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah 1) tahapan-tahapan dalam penerapan metode mind mapping pada mata pelajaran IPS, 2) factor-faktor yang berpengaruh ada 2, yakni factor pendorong (minat belajar peserta didik yang tinggi, memperjelas isi materi, mudah dipahami), dan faktor penghambat (waktu terbatas, hanya peserta didik aktif yang terlibat, kurangnya konsentrasi peserta didik). 3) manfaat yang diperoleh dari penerapan metode mind mapping pada mata pelajaran IPS yakni, meningkatkan kreativitas, meningkatkan daya ingat, meningkatkan pemahaman.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKarim, AbdulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran, mind mapping, pembelajaran IPS
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Oct 2024 08:43
Last Modified: 21 Oct 2024 08:43
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12388

Actions (login required)

View Item View Item