Aprilia, Monica Ayu (2023) Penerapan metode mind mapping dalam pembelajaran ilmu pengetahuan social materi kehidupan masyarakat pada masa hindu-budha kelas VII di SMP PGRI 15 Sukolilo Pati Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (264kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (185kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (320kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (416kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (218kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (502kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (222kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (280kB) |
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi munculnya permasalahan yang menunjukkan bahwa proses pembelajaran terlalu pasif dan banyak siswa yang bosan dan tidak tertarik dengan pelajaran IPS. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) untuk mengetahui penerapan metode mind mapping dalam pembelajaran ilmu pengetahuan social materi kehidupan masyarakat pada masa hindu-budha kelas VII di SMP PGRI 15 Sukolilo Pati Tahun Ajaran 2021/2022. 2) untuk mengetahui factor pengaruh penerapan metode mind mapping dalam pembelajaran ilmu pengetahuan social materi kehidupan masyarakat pada masa hindu-budha kelas VII di SMP PGRI 15 Sukolilo Pati Tahun Ajaran 2021/2022. 3) untuk mengetahui manfaat yang diperoleh dalam penerapan metode mind mapping dalam pembelajaran ilmu pengetahuan social materi kehidupan masyarakat pada masa hindu-budha kelas VII di SMP PGRI 15 Sukolilo Pati Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian langsung kelapangan dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan wawancara, pengamatan, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah 1) tahapan-tahapan dalam penerapan metode mind mapping pada mata pelajaran IPS, 2) factor-faktor yang berpengaruh ada 2, yakni factor pendorong (minat belajar peserta didik yang tinggi, memperjelas isi materi, mudah dipahami), dan faktor penghambat (waktu terbatas, hanya peserta didik aktif yang terlibat, kurangnya konsentrasi peserta didik). 3) manfaat yang diperoleh dari penerapan metode mind mapping pada mata pelajaran IPS yakni, meningkatkan kreativitas, meningkatkan daya ingat, meningkatkan pemahaman.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | metode pembelajaran, mind mapping, pembelajaran IPS | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 21 Oct 2024 08:43 | ||||||
Last Modified: | 21 Oct 2024 08:43 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12388 |
Actions (login required)
View Item |