Dewi, Sagita Citra (2023) Upaya Penanganan Game Online Player Unknown’s Battlegrounds Mobile (PUBGM) Terhadap Kesehatan Mental Pengguna di Kabupaten Kudus Menggunakan Pendekatan Konseling Behavior Teknik Self Management. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (234kB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (2MB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (308kB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji upaya penanganan game online player unknown’s battlegrounds mobile (pubgm) terhadap kesehatan mental pengguna di Kabupaten Kudus menggunakan pendekatan konseling behavior teknik self management. Fenomena game online muncul karena kemajuan teknologi yang telah berkembang pesat. Game online player unknown’s battlegrounds mobile sangat diminati masyarakat Indonesia. Memperhatikan fenomena game online yang ada dapat menimbulkan dampak negatif terhadap kesehatan mental seperti kecanduan dan dapat memengaruhi gaya hidup seseorang. Maka, perlu adanya penanganan yang bisa mengubah perilaku bermain game online agar kesehatan mental tetap terjaga yaitu dengan menggunakan pendekatan konseling behavior teknik self managemen yang bisa membantu merubah perilaku dalam bermain game onlinet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fenomena, dampak, dan upaya penanganan dari game online player unknown’s battlegrounds mobile terhadap kesehatan mental pengguna menggunakan pendekatan konseling behavior teknik self management. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara, serta dokumentasi dengan terjun langsung ke lapangan yaitu melakukan penelitian di komunitas player unkown’s battlegrounds mobile. Subyek penelitian ini adalah 4 laki-laki dan 3 perempuan yang bermain game online player unknown’s battlegrounds mobile. Teknik pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi waktu. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Game online player unknown’s battlegrounds mobile sangat menarik dan populer, sehingga banyak yang menghabiskan waktu untuk bermain game tersebut yang dapat berpengaruh terhadap kesehatan mental. 2) Ada dua dampak yang timbul karena fenomena game tersebut yaitu dampak positif yang dapat mengurangi rasa stress dan penat setelah menjalani kehidupan sehari-hari. Kemudian dampak negatif, yaitu memiliki perilaku antisosial dengan menarik diri dari lingkungan sekitar, kecanduan ingin terus-terusan bermain game online, kecemasan, mudah marah, dan perilaku prokrastiansi dengan menunda pekerjaan secara sengaja karena bermain game online. 3) Upaya penanganan dari dampak negatif game tersebut dapat diatasi dengan mengunakan pendekatan konseling behavior teknik self management dengan cara membatasi waktu bermain game, yaitu dengan mermperbanyak kegiatan yang bersifat positif seperti bersosialisasi dan berolahraga, dan mengikuti komunitas Islami untuk meningkatkan iman dan taqwa agar lebih dekatn dengan Allah SWT agar terdorong dan lebih percaya diri untuk dapat berubah menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Game Online Player Unknown’s Battlegrounds Mobile, Kesehatan Mental, Konseling Behavior Teknik Self Management | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling | ||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 25 Oct 2024 07:23 | ||||||
Last Modified: | 25 Oct 2024 07:23 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12428 |
Actions (login required)
View Item |