setiawan, Mohamad dana (2023) Peran Pendidikan Keluarga Berbasis Pendidikan Agama Islam Bagi Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (3MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (345kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (192kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (396kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (570kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (417kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (631kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (340kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (274kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Peran pendidikan keluarga berbasis pendidikan agama islam bagi peserta didik di Madrasah Aliyah Nahdlatul Muslimin undaan Kudus. (2)faktor pendukung dan faktor penghambat peran pendidikan keluarga berbasis pendidikan agama Islam bagi peserta didik di Madrasah Aliyah Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach) dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancaran dan dokumentasi. Sumber peneletian ini adalah kepala madrasah, waka kurikulum, guru akidah akhlak dan siswa adapun sumber data primer didapati dari observasi non partisipan di Madrasah Aliyah Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus dan wawancara tersetruktur kepada kepala madrasah, waka kurikulum, guru akidah akhlak dan siswa sedangkan sumber data sekunder didapati dari dokumen-dokumen Adapun hasil penelitian adalah : (1) ) Peran pendidikan keluarga berbasis pendidikan agama islam bagi peserta didik di MA Nakhdhotul Muslimin Undaan Kudusadalah dengan cara pembinaan, pembiasaan dan pengawasan. Adapun pembinaan yang dilakukan oleh orang tua di MA Nakhdhotul Muslimin Undaan Kudus seperti membina anaknya untuk whudu’ sebelum masuk waktu salat, salat diawal waktu, mengaji, dan berakhlak baik dengan cara menghormati yang besar dan mencintai yang kecil.(2) Faktor penghambat dan pendukung Peran pendidikan keluarga berbasis pendidikan agama islam bagi peserta didik d di MA Nakhdhotul Muslimin Undaan Kudus Montong Terep ada dua yaitu faktor internal dan eksternal. (1) anak yang malas ketika disuruh orang tuanya beribadah (2) keluarga yang kurang sabar dalam mendidik anak yang reweL (3) kurangnya perhatian pada anak oleh keluarga itu sendiri. Sedangkan faktor : (1) adanya dukungan dari keluarga (2) lengkapnya saranya prasarana yang disediakan di dusun tersebut dengan adanya pondok pesantren, Masjid, musholla, TPA/TPQ
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Keluarga, Pendidikan Agama Islam, Peserta didik | ||||||
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 25 Oct 2024 07:27 | ||||||
Last Modified: | 25 Oct 2024 07:27 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12429 |
Actions (login required)
View Item |