Implementasi Bimbingan Konseling Individual untuk Meningkatkan Kepercayaan diri dalam Bersosialisasi pada Anak Autis di Pondok Pesantren Al – Achsaniyyah Kudus

Pamungkas, Ragil Galih (2023) Implementasi Bimbingan Konseling Individual untuk Meningkatkan Kepercayaan diri dalam Bersosialisasi pada Anak Autis di Pondok Pesantren Al – Achsaniyyah Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (716kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (429kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (336kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (376kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (584kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (378kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (601kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (349kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (458kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui upaya implementasi bimbingan konseling individual untuk meningkatkan kepercayaan diri dalam bersosialisasi pada anak autis di pondok pesantren Al Achsaniyyah Kudus. (2) Untuk mengetahui hasil dari implementasi bimbingan konseling individual untuk meningkatkan kepercayaan diri dalam bersosialisasi pada anak autis di pondok pesantren Al Achsaniyyah Kudus. (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat untuk meningkatkan kepercayaan diri dalam bersosialisasi pada anak autis di pondok pesantren Al Achsaniyyah Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan penelitian kualitatif, data yang di peroleh melalui penelitian lapangan (field research). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan jenis purposive sampling. Subyek dari penelitian ini sebanyak 4 orang yang terdiri dari Ketua Yayasan, terapis serta santri anak autis. Sedangkan sumber data sekunder di peroleh dari beberapa dokumentasi, arsip serta data laporan yang tersedia. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data dengan tahapan reduksi data, penyajian data, kemudian tahapan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini yaitu menyimpulkan bahwa dalam upaya meningkatkan rasa kepercayaan diri pada anak autis dalam bersosialisasi yaitu (1) memberikan penghargaan, arahan serta mengembangkan potensi maupun kemampuan anak autis dalam meningkatkan kepercayaan dirinya. (2) Hasil dari implementasi bimbingan konseling individual yaitu anak autis berani menunjukkan rasa kepercayaan dirinya. Rasa kepercayaan diri merupakan aspek kepribadian yang berisi keyakinan tentang kekuatan, kemampuan, dan keterampilan yang dimilikinya. (3) Faktor pendukung dan penghambat untuk meningkatkan kepercayaan diri dalam bersosialisasi pada anak autis di pondok pesantren Al Achsaniyyah Kudus yaitu faktor pendukung antara lain meliputi konsep diri, orang tua serta rasa aman. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain yaitu rasa takut dan cemas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
TeacherKhafidhoh, InayatulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Konseling Indvidual, Kepercayaan Diri, Sosialisasi dan Anak Autis
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 Oct 2024 07:08
Last Modified: 30 Oct 2024 07:08
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12445

Actions (login required)

View Item View Item