Pamungkas, Ragil Galih (2023) Implementasi Bimbingan Konseling Individual untuk Meningkatkan Kepercayaan diri dalam Bersosialisasi pada Anak Autis di Pondok Pesantren Al – Achsaniyyah Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (716kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (429kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (336kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (376kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (584kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (378kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (601kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (349kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (458kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui upaya implementasi bimbingan konseling individual untuk meningkatkan kepercayaan diri dalam bersosialisasi pada anak autis di pondok pesantren Al Achsaniyyah Kudus. (2) Untuk mengetahui hasil dari implementasi bimbingan konseling individual untuk meningkatkan kepercayaan diri dalam bersosialisasi pada anak autis di pondok pesantren Al Achsaniyyah Kudus. (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat untuk meningkatkan kepercayaan diri dalam bersosialisasi pada anak autis di pondok pesantren Al Achsaniyyah Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan penelitian kualitatif, data yang di peroleh melalui penelitian lapangan (field research). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan jenis purposive sampling. Subyek dari penelitian ini sebanyak 4 orang yang terdiri dari Ketua Yayasan, terapis serta santri anak autis. Sedangkan sumber data sekunder di peroleh dari beberapa dokumentasi, arsip serta data laporan yang tersedia. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data dengan tahapan reduksi data, penyajian data, kemudian tahapan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini yaitu menyimpulkan bahwa dalam upaya meningkatkan rasa kepercayaan diri pada anak autis dalam bersosialisasi yaitu (1) memberikan penghargaan, arahan serta mengembangkan potensi maupun kemampuan anak autis dalam meningkatkan kepercayaan dirinya. (2) Hasil dari implementasi bimbingan konseling individual yaitu anak autis berani menunjukkan rasa kepercayaan dirinya. Rasa kepercayaan diri merupakan aspek kepribadian yang berisi keyakinan tentang kekuatan, kemampuan, dan keterampilan yang dimilikinya. (3) Faktor pendukung dan penghambat untuk meningkatkan kepercayaan diri dalam bersosialisasi pada anak autis di pondok pesantren Al Achsaniyyah Kudus yaitu faktor pendukung antara lain meliputi konsep diri, orang tua serta rasa aman. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain yaitu rasa takut dan cemas
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Konseling Indvidual, Kepercayaan Diri, Sosialisasi dan Anak Autis | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling | ||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 30 Oct 2024 07:08 | ||||||
Last Modified: | 30 Oct 2024 07:08 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12445 |
Actions (login required)
View Item |