Bachtiar, Muamar (2023) Implementasi Fungsi Manajemen Dakwah dalam YouTube di Yayasan Masjid Menara Makam Sunan Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01 COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (71kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (77kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (157kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (340kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (116kB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (284kB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (76kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (82kB) |
Abstract
Pada era sekarang dakwah konvensional hanya terbatas oleh jarak dan waktu sehingga perlu adanya media sosial untuk menyebarkannya agar lebih luas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi fungsi manajemen dakwah dalam media sosial YouTube di Yayasan Masjid Menara Kudus. Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung implementasi fungsi manajemen dalam media sosial YouTube di Yayasan Masjid Menara Makam Sunan Kudus. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Informan dalam penelitian ini meliputi pengurus yayasan masjid menara makam sunan Kudus dan tim dari Channel YouTube menara kudus. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil yang di peroleh dari penelitian ini bahwa Implementasi fungsi manajemen dakwah dalam media sosial YouTube yang dilakukan oleh Channel Menara Kudus dalam penerapannya dinilai baik dalam manajemennya, hal ini dapat dilihat dari konsistensinya dalam mengunggah video acara-acara dari Menara Kudus secara online melalui live streaming maupun offline melalui Youtube. Adapun Faktor pendukungnya yaitu mengundang ulama atau tokoh agama dari luar negeri, banyaknya hari-hari besar Islam yang dapat di tayangkan di setiap tahunnya dan peran dari ketua yayasan yang selalu mengarahkan dan mendukung kegiatan-kegiatan produksi video dakwah di Channel Menara Kudus. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya SDM yang mumpuni, kurang adanya pengorganisasian dalam acara besar, masalah koneksi jaringan yang tiba-tiba trobel atau eror, banyaknya hari-hari besar islam yang berdekatan, dan kurangnya peminat bagi orang awam
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Fungsi Manajemen Dakwah, Media Sosial YouTube | ||||||
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam | ||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Manajemen Dakwah | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 07 Nov 2024 04:26 | ||||||
Last Modified: | 07 Nov 2024 04:26 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12504 |
Actions (login required)
View Item |