Awwaliyah, Annisa Fajriatul (2023) Penerapan Program Unggulan Rintisan Boarding School Dalam Membentuk Karakter Siswa MI NU Miftahul Huda 02 Karangmalang Gebog Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (218kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (227kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (430kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (694kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (334kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (935kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (281kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (291kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara jelas tentang 1) Penerapan Program unggulan Rintisan Boarding School Dalam Membentuk Karakter Siswa MI NU Miftahul Huda 02 Gebog Kudus 2) Untuk mengetahui Keberhasilan Program unggulan Rintisan Boarding School Dalam Membentuk Karakter Siswa MI NU Miftahul Huda 02 Gebog Kudus 3) Untuk mengetahui Kendala Penerapan Program unggulan Rintisan Boarding School Dalam Membentuk Karakter Siswa MI NU Miftahul Huda 02 Gebog Kudus. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan jenis penelitian lapangan (field Research). Sumber pengambilan data yang digunakan adalah data primer dan data skunder. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah MI Miftahul Huda 02 Gebog Kudus, Waka Kurikulum, Guru kelas I-VI, Penanggung Jawab Program Unggulan Boarding School Dan Siswa-siswi kelas I-VI MI Miftahul Huda 02 Gebog Kudus. Dengan tekhnik pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi data, meningkatkan ketekunan, penggunaan bahan referensi dan mengadakan member check. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan langkah pengumpulan data, koleksi data, reduksi data, penyajian, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan Program unggulan Rintisan Boarding School Dalam Membentuk Karakter Siswa dengan menggunakan beberapa langkah yakni, tahap perencanaan dengan menentukankan tujuan, merencanakan kurikulum, melengkapi fasilitas dan infrastruktur, rekrutmen tenaga pengajar dan karyawan, membuat sistem pengelolaan, kemudian tahap pelaksanaan yaitu melaksanakan pembelajaran dikelas Program unggulan, pelaksanaan program tahfidz, program billingual bahasa, program olimpiade, dan extrakurikuler, Tahap yang ketiga adalah evaluasi melalui rapat rutin bulanan, Evaluasi akademik dan Evaluasi Karakter Dan Keterampilan. 2) Keberhasilan Penerapan Program Unggulan Rintisan Boarding School Dalam Membentuk Karakter Siswa MI NU Miftahul Huda 02 Karangmalang Gebog Kudus telah menerapkan Moral Knowing, Moral Feeling, Moral Behavior dalam mengintegrasikan pendidikan karakter akademik dan keagamaan. 3)Kendala Penerapan Program Unggulan Rintisan Boarding School Dalam Membentuk Karakter Siswa MI NU Miftahul Huda 02 Karangmalang Gebog Kudus meliputi latar belakang siswa yang berbeda-beda, minimnya tenaga pendidik yang kompeten, belum adanya ruang khusus bahasa, belum tersedianya asrama boarding school, siswa kelelahan akibat jam belajar yang panjang, penanaman karakter yang sepenuhnya ditangani oleh guru kelas, dan orientasi pendidikan yang lebih mengutamakan aspek kognitif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Rintisan Boarding School, Penanaman Karakter, Keberhasilan Program Unggulan | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 08 Nov 2024 07:07 | ||||||
Last Modified: | 08 Nov 2024 07:07 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12513 |
Actions (login required)
View Item |