Firdaus, Ikmal (2023) Model pembelajaran Project Based Learning (PBL) dan Contextual Teaching Learning (CTL) Guru Fiqh dalam Menumbuhkan Kompetensi Psikomotorik Pemulasaran Jenazah di Madrasah Aliyah Sabilul Ulum Mayong. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (249kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (197kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (441kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (554kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (264kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (659kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (301kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (319kB) |
Abstract
Fokus penelitian ini adalah model pembelajaran Project Based Learning (PBL) dan Contextual Teaching Learning (CTL) guru Fiqh dalam menumbuhkan kompetensi psikomotorik pemulasaran jenazah di Madrasah Aliyah Sabilul Ulum Mayong. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Model pembelajaran Project Based Learning (PBL) dan Contextual Teaching Learning (CTL) guru Fiqh dalam menumbuhkan kompetensi psikomotorik pemulasaran jenazah. (2) Dinamika Pelaksanaan model pembelajaran Project Based Learning (PBL) dan Contextual Teaching Learning (CTL) guru Fiqh dalam menumbuhkan kompetensi psikomotorik pemulasaran jenazah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, menggunakan penelitian lapangan (field research). Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru Fiqh, dan peserta didik. Adapun sumber primer didapat dari observasi partisipan dan non partisipan di Madrasah dan wawancara terstruktur kepada kepala sekolah, guru Fiqh, dan peserta didik. Sedangkan sumber sekunder didapat dari dokumen-dokumen dokumen pelaksanaan pembelajaran Fiqh. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) Model pembelajaran Project Based Learning (PBL) dan Contextual Teaching Learning (CTL) guru Fiqh dalam menumbuhkan kompetensi psikomotorik pemulasaran jenazah yaitu: A) Model Project Based Learning dengan metode demontrasi, guru membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan model pembelajaran Project Based Learning dan metode pembelajaran demonstrasi pada materi sholat jenazah serta membuat catatan lapangan sebagai instrumen berita acara pelaksanaan pembelajaran. Dilanjutkan ke tahap pelaksanan pembelajaran Fiqh dengan materi sholat jenazah dan membuat pengamatan hasil pembelajaran materi sholat jenazah yang dapat menumbuhkan kompetensi psikomotorik siswa sesuai dengan tahapan-tahapannya. B) Model Contextual Teaching Learning (CTL) dengan metode demontrasi, guru membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berdasarkan silabu dan menggunakan metode pembelajaran demonstrasi. Pelaksanaan pembelajaran dikelas materi memandikan jenazah diawali dengan kegiatan awal, kegiatan inti dan penutup. Evaluasi pembelajaran, guru mengevaluasi kegiatan pembelajaran kepada siswanya seperti dengan cara post test atau dengan bertanya kepada peserta didik di akhir pembelajaran dengan tujuan mengukur pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran yang telah diajarkan. (2) Dinamika pelaksanaan model pembelajaran Project Based Learning (PBL) dan Contextual Teaching Learning (CTL) guru Fiqh dalam menumbuhkan kompetensi psikomotorik pemulasaran jenazah sebagai berikut: A) Siswa menjadi aktif ketika proses pembelajaran. B) Pengelolaan kelas sulit terkontrol ketika pembelajaran diluar kelas. Sering kali terjadi keributan dan sulit terkontrol saat pembelajaran diluar kelas yang disebabkan oleh siswa yang mempunyai sikap suka mengganggu teman yang lain saat pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Model, Pembelajaran, Project Based Leraning (PBL), Contextual Teaching Learning (CTL), Guru Fiqh, Kompetensi Psikomotorik, Pemulasaran Jenazah | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 12 Nov 2024 07:58 | ||||||
Last Modified: | 12 Nov 2024 07:58 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12544 |
Actions (login required)
View Item |