Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Terintegrasi Keislaman Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP/MTs

Wardani, Mariana Kusuma (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Terintegrasi Keislaman Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP/MTs. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (966kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (139kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (145kB)
[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (442kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (685kB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (208kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (271kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya media pembelajaran yang ada disekolah, rendahnya tingkat minat membaca siswa, serta pada pembelajaran IPA belum mengaitkan dengan keislaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pop up book, kepraktisan media pop up book, dan mengetahui peningkatan kemampuan literasi sains siswa terhadap media pembelajaran pop up book terintegrasi keislaman. Jenis penelitian ini menggunakan metode Research And Development (R&D) yang meliputi 4 tahapan yakni tahap pendefinisian (define), tahap perencanaan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (dessiminate) namun, ada keterbatasan pada tahap penyebaran yang hanya diberikan kepada Guru IPA saja. Subjek penelitian pada skripsi ini yakni siswa kelas VIII dengan sampel 15 dari 30 siswa. Pada analisis kelayakan pop up book yakni mengenai pembuatan pop up book, format dan disesuaikan dengan kriteria kompetensi dasar dan silabus kurikulum 2013. Instrumen peneitian berupa angket validasi ahli, angket respon siswa, soal pretest dan posttest serta media pembelajaran pop up book terintegrasi keislaman pada materi sistem pencernaan manusia. Penelitian ini menghasilkan produk pop up book terintegrasi keislaman dengan uji coba kelayakan yang diukur dengan angket. Ahli media memperoleh nilai rata-rata persentase 88% dengan kriteria layak, ahli materi memperoleh nilai rata-rata persentase 91% dengan kriteria layak, dan ahli keislaman memperoleh nilai rata-rata 100% dengan kriteria layak. Uji kepraktisan media pop up book yang diperoleh dari angket respon guru mendapatkan nilai rata-rata-rata 69% dengan kriteria praktis, dan respon siswa mendapatkan nilai rata-rata 82% dengan kriteria praktis. Serta data hasil perhitungan dengan N-Gain menunjukkan nilai rata-rata persentase 66% dengan kriteria cukup efektif. Maka pop up book terintegrasi keislaman pada materi sistem pencernaan manusia untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa dapat digunakan dalam media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMalichatin, HanikUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan literasi sains, Pop up book, Sistem pencernaan manusia, Terintegrasi keislaman
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 15 Nov 2024 04:02
Last Modified: 15 Nov 2024 04:02
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12577

Actions (login required)

View Item View Item