Pengaruh Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Mts Tahfidh Yanbuul Qur’an Menawan Kudus Tahun Pelajaran 2022/2023

Rouf, Muhammad Abdul (2023) Pengaruh Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Mts Tahfidh Yanbuul Qur’an Menawan Kudus Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01.COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02.ABSTRAK.pdf

Download (680kB)
[img] Text
03.DAFTAR ISI.pdf

Download (506kB)
[img] Text
04.BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
05.BAB II.pdf

Download (897kB)
[img] Text
06.BAB III.pdf

Download (881kB)
[img] Text
07.BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08.BAB V.pdf

Download (508kB)
[img] Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (618kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Mts Tahfidh Yanbuul Qur’an Menawan Kudus. Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasional dengan menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Mts Tahfidh Yanbuul Qur’an Menawan Kudus dengan jumlah siswa kelas VIII adalah 161 siswa. Pemilihan sampel penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dimana sampel diambil secara acak tanpa memperhatikan rata-rata populasi. Dalam penelitian ini, peneliti memilih kelas VIII D dengan jumlah 32 siswa sebagai sampel penelitian. Informasi penelitian diperoleh melalui tes, angket dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Analisis regresi linier sederhana ini sebelumnya dilakukan uji analisis kondisional dengan menggunakan uji normalitas dan uji linieritas. Berdasarkan hasil analisis data mendapatkan hasil bahwa: (1) terdapat pengaruh positif kemampuan menghafal Al-Qur’an terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTs Tahfidh Yanbuul Qur’an Menawan Kudus dengan hasil thitung (9,159) > ttabel(5%,28) (2,048) serta taraf signifikansi kemampuan menghafal Al-Qur’an < 5% (0,000 < 0,05). (2) Besarnya pengaruh kemampuan menghafal Al-Qur’an terhadap prestasi belajar matematika adalah 73,7%, sehingga semakin tinggi kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa maka akan meningkatkan prestasi belajar matematikanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWahyudi, Fina TriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Menghafal Al-Qur’an, Prestasi Belajar Matematika
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Nov 2024 03:39
Last Modified: 18 Nov 2024 03:39
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12592

Actions (login required)

View Item View Item