Meylani, Safidiya (2023) Dampak Kreativitas Guru Kelas Dalam Meningkatkan Antusias Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika di Kelas II C MI Nurul Haq Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (303kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (402kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (662kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (900kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (604kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (629kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (209kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (441kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya antusias siswa dikarenakan pelajaran matematika dianggap sulit, tidak adanya kesiapan siswa untuk belajar, kurangnya kreativitas guru ketika proses pembelajaran Matematika. Matematika sebagian besar berisikan penjelasan serta hitungan akibatnya apabila guru hanya menggunakan metode ceramah membuat siswa cepat bosan dan proses pembelajaran menjadi pasif. Oleh karena itu, guru melakukan inovasi dengan menggunakan metode tanya jawab dan demonstrasi serts pengaturan tempat duduk untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk meindeiskripsikan kreiativitas guru keilas dalam peimbelajaran mateimatika di keilas IIC MI Nurul Haq Kudus. 2) untuk menganalisis antusias beilajar siswa pada mata peilajaran mateimatika di keilas IIC MI Nurul Haq Kudus. 3) untuk meingeitahui dan meindeiskripsikan keibeirhasilan kreiativitas guru keilas dalam meiningkatkan antusias beilajar siswa mata peilajaran mateimatika di keilas IIC MI Nurul Haq Kudus. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan data primer dan data sekunder. Subyek pada penelitian ini adalah kepala madrasah, guru kelas, dan siswa kelas IIC di MI NU Nurul Haq Kudus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis Miles dan Huberman: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian membuktikan bahwa : 1) Kreativitas guru kelas menggunakan metode diskusi dan bernyanyi serta pengaturan tempat duduk memberikan dampak positif bagi siswa terlihat aktif dan memiliki antusiasme tinggi dalam belajar. Indikator antusias siswa telah terpenuhi semua sehingga siswa mengalami perubahan dorongan internal maupun eksternal. Akhirnya siswa mengalami perubahan pada belajarnya yang mengalami peningkatan. 2) Antusiasme belajar siswa pada pelajaran matematika yakni: respon, perhatian, konsentrasi, kemauan, kesadaran serta perasaan senang menjadikan siswa mudah memahami matematika yang dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari 3) Keberhasilan kreativitas guru kelas dalam meningkatkan antusisas belajar siswa menjadikan peserta didik menjadi pribadi aktif, responsif, bertanggung jawab serta mandiri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas Guru Kelas, Antusias Belajar, Matematika | ||||||
Subjects: | Filsafat dan Psikologi > Psikologi > Motivasi Belajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 18 Nov 2024 03:46 | ||||||
Last Modified: | 18 Nov 2024 03:46 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12594 |
Actions (login required)
View Item |