Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Enviromental Education Pada Materi Sumber Daya Alam Kelas IV di MI NU Al-Huda 02 Padurenan Gebog Kudus Tahun Ajaran 2022/2023

Khuliani, Desya Eky (2023) Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Enviromental Education Pada Materi Sumber Daya Alam Kelas IV di MI NU Al-Huda 02 Padurenan Gebog Kudus Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (295kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (245kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (495kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (601kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (397kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (660kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (299kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (385kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui: bagaimana penerapan pendidikan karakter peduli lingkungan pada kelas IV MI NU Al-Huda 2 Padurenan Gebog Kudus, bagaimana penerapan environmental education pada materi sumber daya alam kelas IV di MI NU Al-Huda 2 Padurenan Gebog Kudus, bagaimana faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan melalui environmental education pada materi sumber daya alam kelas IV di MI NU Al-Huda 2 Padurenan Gebog Kudus. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Penulis melakukan study lapangan di MI NU AL-Huda 2 Padurenan Gebog Kudus dengan subjek penelitian guru mata pelajaran, guru kelas, dan siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data melalui obesrvasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data-data yang ada. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data ini dengan menggunakan model analisis Miles dan Hubberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan pada kelas IV di MI NU Al-Huda 2 Padurenan Gebog Kudus telah dilaksanakan oleh guru kepada siswa melalui pembelajaran di dalam dan di luar kelas, melalui pembiasaan, pemberian nasehat dan juga contoh langsung berjalan dengan lancar sehingga siswa memahami tentang pendidikan karakter peduli lingkungan hidup. Penerapan environmental education yang dilaksanakan pada materi sumber daya alam mata pelajaran IPA kelas IV di MI NU Al-Huda 2 Padurenan Gebog Kudus seperti membuang sampah pada tempatnya, bergotong royong, merawat tanaman, menjalankan piket kelas, dan juga menghemat energi seperti menggunakan air dan listrik sesuai kebutuhan menunjukkan bahwa siswa kelas IV di MI NU AL-Huda 2 Padurenan Gebog Kudus dapat menerapkan pendidikan lingkungan hidup (environmental education) dan mampu mempraktikkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Pada indikator perkembangan siswa melalui environmental education, siswa sudah terlihat perkembangannya baik dari sikap, karakter, dan kebiasaan siswa yang telah mentaati kegiatan environmental education. Indikator perkembangan karakter ini terfokus pada beberapa pendidikan lingkungan yaitu, siswa diharapkaan agar bisa memelihara kebersihan dan kelestarian lingkungan kelas, melaksanakan pembiasaan memisahkan jenis sampah organik dan anorganik, menyajikan hasil pembuatan sampah menjadi barang berguna, melakukan pembiasaan hemat air dan listrik, tidak mengkotori meja atau mencoret-coretnya, melaksanakan piket kelas. Secara garis besar ini sudah menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan melalui environmental education kelas IV sudah berhasil

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAhsani, Eva Luthfi FakhruUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Peduli Lingkungan, Enviromental Education, Sumber Daya Alam, MI NU Al-Huda 2 Padurenan
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Nov 2024 03:57
Last Modified: 18 Nov 2024 03:57
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12596

Actions (login required)

View Item View Item