Studi Komparatif Prestasi Belajar dan Tingkat Kemandirian Belajar Matematika Siswa Pondok dan Tidak Pondok Kelas X MA Ma’ahid Kudus

Rachmawati, Aventia (2024) Studi Komparatif Prestasi Belajar dan Tingkat Kemandirian Belajar Matematika Siswa Pondok dan Tidak Pondok Kelas X MA Ma’ahid Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (590kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (454kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (933kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (859kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (577kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (572kB)

Abstract

Prestasi belajar antara satu siswa dengan siswa lainnya pastinya berbeda, apalagi dibarengi dengan kegiatan lain seperti kegiatan di pondok yang mengharuskan siswa tersebut pintar untuk membagi waktu. Selain itu siswa juga harus memiliki kemandirian belajar yang tinggi untuk memperoleh hasil yang tinngi pula. Terlebih pada pembelajaran matematika yang dianggap sulit dan bisa dikatakan bahwa pembelajaran matematika menjadi mata pelajaran yang ditakuti oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa pondok dan tidak pondok, 2) mengetahui perbedaan kemandirian belajar matematika antara siswa pondok dan tidak pondok. Penelitian ini merupakan jenis penelitian komparatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu random sampling. Metode pengujian dengan menggunakan uji independent t test dan instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah soal tes dan angket yang akan diberikan kepada kelas X yang dipilih sebagai sampel Hasil penelitian ini diperoleh simpulan yaitu: 1) Pada uji independent sample t test menunjukkan hasil yaitu t_hitung=3,080>t_tabel=2,069 dan pada “Equal variances assumed” menunjukkan hasil Sig.(2-tailed) sebesar 0,003<0,005, dengan nilai rata-rata siswa pondok dengan jumlah 26 siswa yaitu 68,15 lebih tinggi dari siswa yang tidak pondok dengan jumlah siswa yang sama 26 yaitu 56,08. Menunjukkan adanya perbedaan prestasi belajar antara siswa pondok dan tidak pondok. 2) Pada uji independent sample t test menunjukkan hasil yaitu t_hitung=1,513<t_tabel=2,069 dan pada “Equal variances assumed” menunjukkan hasil Sig.(2-tailed) sebesar 0,137>0,005, dengan nilai rata-rata siswa pondok dengan jumlah 26 siswa yaitu 67,81 lebih tinggi dari siswa yang tidak pondok dengan jumlah siswa yang sama 26 yaitu 64,69. Meskipun nilai rata-rata lebih tinggi siswa pondok tetapi hal tersebut tidak terjadi perbedaan yang signifikan. Maka dari itu, menunjukkan tidak adanya perbedaan kemandirian belajar antara siswa pondok dan tidak pondok.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNoor, Naili LumaatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Kemandirian Belajar
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Aktivitas Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Nov 2024 08:11
Last Modified: 18 Nov 2024 08:11
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12615

Actions (login required)

View Item View Item