An Analysis of LOTS and HOTS Items based on Bloom’s Taxonomy in Exercise English Textbook Entitled: “Pathway to English for Twelfth-Grade

Fitri, Mila Aisyah (2023) An Analysis of LOTS and HOTS Items based on Bloom’s Taxonomy in Exercise English Textbook Entitled: “Pathway to English for Twelfth-Grade. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (597kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (200kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (144kB)
[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (238kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (654kB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (245kB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (137kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (161kB)

Abstract

Buku teks merupakan salah satu media pembelajaran yang sangat penting. Selain karena banyaknya isi, susunan, dan tujuan kurikulum juga dapat digunakan sebagai sarana untuk latihan siswa. Jenis latihan yang digunakan juga akan mempengaruhi kemampuan siswa dalam belajar. Penggunaan latihan soal dengan tingkatan tertentu juga akan berperan dalam mengasah seberapa baik kemampuan siswa dalam memahami pelajaran yang disampaikan. Tingkatan latihan ini dapat diketahui melalui pengkategorian butir- butir latihan ke dalam bentuk LOTS dan HOTS berdasarkan teori Taksonomi Bloom. Taksonomi Bloom sendiri merupakan struktur yang mengidentifikasi kemampuan berpikir dari level terendah sampai level tertinggi, yang terdiri dari level Mengingat (C1), Memahami (C2), Menerapkan (C3), Menganalisis (C4), Mengevaluasi (C5), dan Membuat (C6). Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mencoba menganalisis soal- soal LOTS dan HOTS berdasarkan Taksonomi Bloom dalam buku teks latihan Bahasa Inggris berjudul: “Pathway To English for Twelfth-Grade”. Berdasrkan pada rumusan masalah penelitian ini bertujuan untuk mengungkap; (1) soal-soal LOTS dan HOTS apa saja yang diimplementasikan dalam buku teks latihan? Dan (2) berapa banyak soal yang dikategorikan sebagai LOTS dan HOTS?. Butir-butir latihan yang akan dianalisis sesuai dengan bab-bab buku ajar ini yang dimulai dari bab 6-10 dengan total 73 butir soal. Penelitian merupakan jenis penelitian kepustakaan dimana data yang diperoleh adalah melalui buku, jurnal, artikel atau manuskrip yang memiliki kaitan dengan objek penelitian atau pengumpulan data dalam bentuk literal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitik. Penelitian ini menemukan, item LOTS yang telah dikategorikan dimana terdiri dari level Mengingat (C1), Memahami (C2) dan Menerapkan (C3) berjumlah 40 butir soal yang diimplementasikan di buku teks, adapun item latihan yang mendominasi level Mengingat (C1 ) didominasi pada bab 9, pada tingkat Pemahaman (C2) didominasi pada bab 7, pada tingkat Menerapkan (C3) didominasi pada bab 9 dan 10. Sedangkan item HOTS yang sudah dikategorikan dimana terdiri dari level Menganalisis (C4), Mengevaluasi (C5), dan Menciptakan (C6) berjumlah 33 butir soal. Selanjutnya peneliti juga menemukan item yang mendominasi pada level menganalisis (C4) didominasi pada bab 10, pada level Mengevaluasi (C5) didominasi pada bab 9 dan 10, sedangkan pada level Membuat (C6) didominasi pada bab 8.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSophya, Ida VeraUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Buku Teks, LOTS, HOTS, Taksonomi Bloom, Latihan
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran
Bahasa > Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris (BI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 Nov 2024 02:21
Last Modified: 19 Nov 2024 02:21
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12619

Actions (login required)

View Item View Item