Iskandar, Ahmad (2017) ANALISIS PENERAPAN TEKNIK PENYAJIAN INTERAKSI MASSA DENGAN METODE DISKUSI DALAM MENYELESAIKAN MASALAH FIQHIYAH PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS AL MA’ARIF GEMBONG PATI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
01 COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (378kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI new.pdf Download (2MB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (420kB) |
|
Text
05 bab II.pdf Download (737kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (417kB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (749kB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (388kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (382kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Pembelajaran teknik penyajian interaksi massa dengan metode diskusi dalam menyelesaikan masalah Fiqhiyah pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Al Ma’arif Gembong Pati Tahun Pelajaran 2016/2017, 2. Mengetahui kendala yang dihadapi guru mata pelajaran Fiqih dalam menerapkan teknik penyajian interaksi massa dengan metode diskusi untuk memecahkan masalah fiqhiyah pada mata pelajaran Fiqih di MTs Al Ma’arif Gembong Pati Tahun Ajaran 2016/2017, 3. Mengetahui aktivitas (action) dalam penerapan teknik diskusi di MTs Al Ma’arif Gembong Pati Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan field research (penelitian lapangan) yang menggunakan pendekatan kualitatif yaitu dengan melakukan serangkaian kegiatan pengumpulan data riil dan kontektual mengenai kegiatan pembelajaran data didapatkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, kemudian data yang sudah terkumpul dianalisis dengan dilakukan sejak sebelum memasuki lapangan, selama di lapangan dan setelah selesai di lapangan.Data kualitatif bersifat induktif. Analisis data tersebut dilakukan secara interatif dan continue atau berkesinambungan sehingga data yang digunakan sudah jenuh, yang artinya bahwa penelitian ini dilakukan dengan berinteraksi antara peneliti dengan staf terkait MTs Al Ma’arif Gembong Pati. Secara langsung dan pedoman pada terpenuhnya data yang dibutuhkan sehingga dihasilkan data yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik diskusi memberikan dampak positif pada siswa yaitu menjadikan siswa lebih bertanggung jawab, antusias dalam pembelajaran dan berkelompok atau saling bekerja sama dalam memecahkan masalah ketika terjadi perbedaan pendapat. Akan tetapi dalam pelaksanaannya penerapan teknik diskusi juga memiliki hambatan diantaranya ketidakfokusan siswa dalam pembelajaran dan kurangnya toleransi. dengan adanya faktor penghambat tersebut MTs Al Ma’arif Gembong Pati mempunyai faktor pendukung untuk mengatasi fatktor penghambat yaitu dengan adanya minat siswa dalam pembelajaran, lingkungan yang mendukung, sarana prasarana yang memadai dan adanya reward dan punishment dan bentuk dorongan guru mengaplikasikan ilmu dalam diri siswa terhadap lingkungan. Kata Kunci : Teknik Diskusi, Menyelesaikan Masalah Fiqhiyah, Mata Pelajaran Fiqih
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 07 Jun 2017 06:11 |
Last Modified: | 07 Jun 2017 06:11 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1262 |
Actions (login required)
View Item |