IMPLEMENTASI TEKNIK PEMBELAJARAN JEOPARDY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS RIYADLOTUL ULUM KUNIR DEMPET DEMAK TAHUN AJARAN 2016

Adkhiyah, Riffiyatul (2017) IMPLEMENTASI TEKNIK PEMBELAJARAN JEOPARDY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS RIYADLOTUL ULUM KUNIR DEMPET DEMAK TAHUN AJARAN 2016. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
File 1 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
File 2 Abstrak.pdf

Download (2MB)
[img] Text
File 4 DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
File 5 BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
File 6 BAB 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
File 7 BAB 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
File 8 BAB 4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
File 9 BAB 5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
File 10 Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah bahwa sebagian besar sistem pembelajaran yang dilakukan oleh guru selalu monoton sehingga menjadikan siswa jenuh akan proses pembelajaran yang itu-itu saja. Madrasah Tsanawiyah Riyadlotul Ulum Kunir merupakan salah satu madrasah yang memperhatikan dengan baik kualitas pendidikan bagi siswa-siswinya. Hal ini terbukti dengan adanya implementasi teknik pembelajaran Jeopardy dalam meningkatkan kemampuan berpikir siswa pada mata pelajaran fiqih, yaitu teknik pembelajaran berupa kuiz yang berisi soal-soal. Dimana soal-soal tersebut nanti akan dijawab oleh siswa. Teknik tersebut mempunyai manfaat untuk meningkatkan kemampuan berpikir serta dapat juga dijadikan sebagai alat evaluasi bagi guru. Sistem pendidikan dan pengajaran yang dikembangkan dalam lembaga ini adalah berpaduan antara sistem perpaduan tradisional dengan pendidikan modern yang dikembangkan saat ini. Dalam penelitian ini peneliti menemukan beberapa masalah yang muncul yakni seperti Bagaimana Implementasi teknik pembelajaran Jeopardy pada mata pelajaran Fiqih di MTs Riyadlotul Ulum, Bagaimana Implementasi teknik pembelajaran Jeopardy dalam meningkatkan kemampuan berpikir siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTs Riyadlotul Ulum, Bagaimana hasil kemampuan berpikir siswa setelah menggunakan teknik pembelajaran Jeopardy Pada Mata Pelajaran Fiqih. Untuk menyelesaikan permasalahan dalam penelitian tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif yang lebih bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan pada natural setting (kondisi yang alamiah), dan teknik pengumpulan data lebih banyak pada observasi partisipasi pasif (passive participant), wawancara mendalam (in depth interview), dokumentasi, dan triangulasi. Selanjutnya peneliti melakukan analisis data dengan model Miles and Huberman, yang mana analisis data berlangsung secara terus-menerus sampai tuntas, sehingga datanya jenuh. Aktivitas dalam analisis data, yaitu data reduksi, data display dan kesimpulan. Hasil penelitian tentang implementasi teknik pembelajaran Jeopardy pada mata pelajaran fiqih di MTs Riyadlotul Ulum Kunir Dempet Demak, dilakukan dengan tiga tahap yaitu perencanaan dengan mempertimbangkan kondisi madrasah dan pelaku pendidikan, pelaksanaan dengan terjun langsung kelapangan dan evaluasi secara kognitif, afektif, dan psikomotorik. Sedangkan faktor yang mempengaruhi diimplementasiskannya teknik pembelajaran Jeopardy yaitu, upaya menanggulangi kebosanan siswa dengan system pembelajaran yang monoton sehingga siswa jenuh akan proses pembelajaran. Tingkat keberhasilan pada implementasi teknik pembelajaran Jeopardy pada matapelajaran fiqih bisa dikatakan baik, dengan bukti peningkatan nilai mata pelajaran fiqih 80,0. Kata Kunci: Implementasi, Teknik Jeopardy, Kecerdasan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Jun 2017 01:50
Last Modified: 08 Jun 2017 01:50
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1268

Actions (login required)

View Item View Item