Fitriyanto, Syafrie (2024) Inovasi Media Pembelajaran Akidah Akhlak pada Kuirkulum Merdeka di MAN 2 Kudus. Masters thesis, IAIN Kudus.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (902kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (563kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (277kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (540kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (947kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (501kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (761kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (272kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (379kB) |
Abstract
Pendidikan Akhlak merupakan pendidikan terpenting dalam instansi madrasah. Disisi lain kemajuan teknologi yang semakin pesat merupakan tantangan tersendiri dalam pelajaran tersebut. Dimana pada umumnya Akidah Akhlak merupakan salah satu pelajaran yang biasa diajarkan melalui metode konvensional yaitu ceramah. Tujuan dari penelitian tesis ini; 1) Mengetahui Inovasi media pembelajaran yang diperlukan dalaam pembelajaran akidah Akhlak pada Kurikulum Merdeka di MAN 2 Kudus; 2) Mengetahui penerapan pembelajaran Akidah Akhlak pada Kuirkulum Merdeka di MAN 2 Kudus; 3) Mengetahui kendala penerapan media pembelajaran Akidah Akhlak pada Kurikulum Merdeka sebagai Kesiapan pendidik dan peserta didik dalam mengimplemtasikan; 4) Mengetahui Implikasi dari pemanfaatan media pembelajaran Akidah Akhlak pada Kurikulum Merdeka di MAN 2 Kudus. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian Tesis ini adalah metode Kualitatif deskriptif dengan model analisis studi kasus yang terjadi di MAN 2 Kudus. Dari fakta data yang dikumpulkan dari berbagai pendekatan wawancara, mendalam, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini kepala Madrasah, Waka Kurikulum, Guru Akidah Akhlah, pesertadidik. Untuk teknis yang dikembangkan oleh Miles and Huberman; reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Untuk keabsahan data; credibility, transferability, dependability dan confirmability. Hasil penelitian bahwa; 1) Bentuk Inovasi media pembelajaran Akidah Akhlak pada Kurikulum Merdeka di MAN 2 Kudus yaitu pendidik memberikan kepercayaan anak untuk membawa Smartphone, pengunaan media LCD, web MAN 2 Kudus Go Digital, E-Lerning Madrasah,Rapor Digital, dengan didukung laboratorium Komputer laboratorium Bahasa, pendidik juga dibekali skill yang didapatkan dengan menggikuti program seperti IHT, pelatihan secara online dan peningkatan ke jenjang Magister; 2) Pendidik sudah menerapan media Pembelajaran Guru Akidah Akhlak pada Kurikulum Merdeka dengan baik itu dibuktikan Madrasah yang mendukung, guru yang berkompeten, peserta didik yang aktif; 3) Untuk hambatan yang terjadi masih tergolong masih sedikit ini karena media sekarang ini banyak sekali beredar dan dapat dilakukan peningkatan diri melalui kegiatan pelatihan yang diadakan oleh pihak Madrasah; 4) Implikasi pengunaan media pembelajaran antara lain, tidak hanya berpusat pada guru, keaktifan pesertadidik dalam pembelajaran, akan memudahkan pemahaman pesertadidik dan meningkatkkan prestasi.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Inovasi, Akidah Akhlah, Kuriklum Merdeka | |||||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran | |||||||||
Divisions: | Pascasarjana > PAI | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | |||||||||
Date Deposited: | 21 Nov 2024 07:51 | |||||||||
Last Modified: | 21 Nov 2024 07:51 | |||||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12692 |
Actions (login required)
View Item |