Nisa, Frida Aulin (2023) Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Melalui Pendekatan Problem Solving Learning pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Di SDN 7 Klumpit Kabupaten Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (267kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (281kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (409kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (551kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (447kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (668kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (366kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (413kB) |
Abstract
Penelitian ini adalah field research atau disebut dengan penelitian lapangan, untuk mengetahui jenis kesulitan belajar IPS siswa kelas V, mengetahui secara mendalam mengenai upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa melalui pendekatan problem solving learning pada mata pelajaran IPS kelas V, serta mengetahui beberapa faktor pendukung dan faktor penghambat dalam mengatasi kesulitan belajar siswa melalui pendekatan problem solving learning pada mata pelajaran IPS kelas V Di SDN 7 Klumpit Kabupaten Kudus. Penelitian ini menggunakan metode-metode kualitatif yang mana prosedur penelitian ini menggunakan data deskriptif berupa kata-kata tertulis, deskripsi singkat baik lisan maupun tertulis dari subyek dan perilaku yang diamati peneliti. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V Di SDN 7 Klumpit Kabupaten Kudus serta guru mata pelajaran IPS di kelas V Di SDN 7 Klumpit Kabupaten Kudus. Data-data tentang upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar IPS ini dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara semi terstruktur serta dokumentasi. Setelah data penelitian terkumpul serta dianalisis melalui proses data reduction, data display dan conclusion drawing/verification, berhasil memperoleh hasil penelitian , yaitu : 1) jenis kesulitan belajar IPS siswa kelas V Di SDN 7 Klumpit Kabupaten Kudus dibagi dua, yaitu kesulitan belajar IPS yang bersifat sementara dan bersifat berkelanjutan. 2) Upaya guru mengatasi kesulitan belajar IPS siswa kelas V yang bersifat sementara dan yang bersifat berkelanjutan melalui pendekatan problem solving learning dilakukan melalui tiga langkah penanganan. Langkah pertama yaitu menyadari ciri-ciri kesulitan belajar IPS siswa kelas V, Langkah kedua yaitu melakukan upaya penanganan kesulitan belajar IPS siswa Kelas V berdasarkan jenis kesulitan belajar siswa baik melalui pembimbingan secara individual dan kelompok-kelompok kecil sesuai jenis kesulitan belajar siswa. Langkah ketiga yaitu mengevaluasi upaya penanganan kesulitan belajar siswa yang telah dilakukan di langkah II yang mana hasil evaluasinya yaitu pendekatan ini mampu mengatasi kesulitan belajar IPS secara terfokus. 3) Faktor pendukung dan penghambat dalam mengatasi kesulitan belajar siswa melalui pendekatan problem solving learning pada mata pelajaran IPS kelas V adalah faktor dari guru IPS, siswa, media pembelajaran, serta lingkungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan Belajar, Mata Pelajaran IPS, Upaya Guru, Pendekatan Problem Solving Learning | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 22 Nov 2024 03:31 | ||||||
Last Modified: | 22 Nov 2024 03:31 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12708 |
Actions (login required)
View Item |