Amalia, Fathimatur Rizka (2023) Pengembangan Buku Matematika Berbasis Hybrid learning Terintegrasi Konten Keislaman Pada Materi Statistika. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. Cover-Kata Pengantar.pdf Download (8MB) |
|
Text
02. Abstrak.pdf Download (648kB) |
|
Text
03. Daftar Isi.pdf Download (8MB) |
|
Text
04. Bab 1.pdf Download (899kB) |
|
Text
05. Bab 2.pdf Download (1MB) |
|
Text
06. Bab 3.pdf Download (1MB) |
|
Text
07. Bab 4.pdf Download (2MB) |
|
Text
08. Bab 5.pdf Download (655kB) |
|
Text
09. Daftar Pustaka.pdf Download (799kB) |
Abstract
Dalam materi statistika sering ditemui permasalahan, salah satunya adalah kesulitan peserta didik dalam memahami materi. Kesulitan tersebut dikarenakan pembelajaran yang kurang maksimal karena pembelajaran yang dilaksanakan secara online atau daring ketika pandemi Covid-19. Selain itu, belum adanya integrasi keislaman dalam proses pembelajaran. Pengembangan buku matematika berbasis hybrid learning terintegrasi konten keislaman dapat menjadi salah satu solusi agar peserta didik dapat lebih mudah memahami materi statistika ketika pembelajaran offline maupun online dan semakin meningkatkan kemampuan, keimanan, dan ketakwaan peserta didik pada Tuhan Yang Maha Esa yang merupakan salah satu tujuan pendidikan. Penelitian pengembangan ini memiliki beberapa bertujuan diantaranya 1) untuk mendeskripsikan proses pengembangan buku matematika berbasis hybrid learning terintegrasi nilai-nilai keislaman pada materi statistika kelas VIII, 2) untuk mengetahui kelayakan buku matematika berbasis hybrid learning terintegrasi nilai-nilai keislaman pada materi statistika kelas VIII, 3) untuk mengetahui respon peserta didik terhadap buku matematika berbasis hybrid learning terintegrasi nilai-nilai keislaman pada materi statistika. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode pengembangan Research and Development (R&D) dan menggunakan model pengembangan. Adapun sampelnya adalah 8 peserta didik untuk uji skala kecil dan peserta didik kelas VIIIB dengan total 27 peserta didik untuk uji skala besar yang diambil melalui teknik sampling purposive. Sehingga diperoleh. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Nurul Ali Secang Magelang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah wawancara, observasi, dan angket (kuesioner). Analisis data yang digunakan yaitu pada analisis data hasil uji validasi ahli menggunakan Aiken’s V, sedangkan untuk analisis data uji coba produk menggunakan perhitungan skor rata-rata. Hasil penelitian pengembangan ini disimpulkan bahwa 1) perencanaan dan pembuatan buku matematika meliputi tahap analisis dan tahap desain. 2) Buku matematika berbasis hybrid learning terintegrasi nilai-nilai keislaman pada materi statistika sudah dinyatakan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran. Kelayakan ini didasarkan pada uji validasi ahli materi, ahli media, dan ahli agama menggunakan uji validitas Aiken’s V dengan hasil rata-rata validasinya adalah 0,86 dan dapat dikategorikan memiliki kriteria “Sangat Valid”, 3) Respon peserta didik terhadap buku matematika berbasis hybrid learning terintegrasi keislaman pada materi statistika adalah buku menarik dan mudah digunakan dalam proses pembelajaran. Hal ini didasarkan pada tahap uji coba produk yang didapatkan rata-rata keseluruhan sebesar 3,77 dengan kriteria “Sangat Menarik”. Maka dapat disimpulkan bahwa produk buku matematika berbasis hybrid learning terintegrasi nilai-nilai keislaman pada materi statistika ini valid dan menarik, sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Buku Matematika, Hybrid learning, Nilai-Nilai Keislaman | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Modul Pembelajaran |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 22 Nov 2024 04:18 | ||||||
Last Modified: | 22 Nov 2024 04:18 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12717 |
Actions (login required)
View Item |