Penerapan Model Environmental Learning dalam Pembelajaran PPKN Tema Pemanfaatan dan Pelestarian Sumber Daya Alam Kelas IV MI Miftahul Huda Kertomulyo Margoyoso Pati Tahun Ajaran 2022/2023

Nahar, Thohirotun (2023) Penerapan Model Environmental Learning dalam Pembelajaran PPKN Tema Pemanfaatan dan Pelestarian Sumber Daya Alam Kelas IV MI Miftahul Huda Kertomulyo Margoyoso Pati Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (705kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (199kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (155kB)
[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (309kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (421kB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (283kB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (571kB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (206kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (271kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yang dilakukan dengan cara terjun langsung ke lapangan untuk mengetahui secara mendalam terkait penerapan model environmental learning pada mata pelajaran PPKN serta faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan model environmental learning di kelas IV MI Miftahul Huda Kertomulyo Margoyoso Pati. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif , sebuah pendekatan yang digunakan untuk mendeskripsikan serta memahami secara mendalam sebuah fenomena atau peristiwa yang terjadi di lapangan. Subyek penelitian ini yaitu Kepala Madrasah MI Miftahul Huda Kertomulyo, guru wali kelas dan 6 siswa kelas 4 serta wali murid. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan melakukan trigulasi data (trigulasi sumber, trigulasi teknik, dan trigulasi trigulasi waktu). Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi model environmental learning pada Mata Pelajaran PPKN Tema Pemanfaatan dan Pelestarian Sumber Daya Alam di Kelas IV MI Miftahul Huda Kertomulyo Margoyoso Pati meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penutupan. model pembelajaran ini dapat meningkatkan daya ingat siswa dalam mengamati, menyelidiki, dan mempelajari lingkungan. Dapat dilihat dari keaktifan siswa dalam pembelajaran, siswa sangat antusias bekerjasama dengan kelompoknya (2) Faktor pendukung penerapan model environmental learning ini yaitu lingkungan, karena kebanyakan siswa suka belajar di luar kelas. Hal tersebut dilihat dari kegiatan siswa tidak mengantuk saat pelajaran. Selain itu, cara guru dalam menyampaikan materi lebih mudah dipahami siswa sehingga hasil belajar siswa meningkat. (3) Faktor penghambat penerapan model environmental learning yaitu siswa. Karena memiliki karakteristik yang berbeda-beda sehingga guru sulit mengkondisikan siswa. Selain itu, cuaca juga menjadi penghambat pembelajaran di luar kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAhmadi, AhmadiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi Model Pembelajaran Environmental Learning, Hasil Belajar Siswa, Mata Pelajaran PPKN
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Nov 2024 07:02
Last Modified: 26 Nov 2024 07:02
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12742

Actions (login required)

View Item View Item