Musarofah, Siti (2023) Pendidikan Karakter Peserta Didik Melalui Progam Tahfidz Al-Qur’an di MI Annuroniyah Kemadu Sulang Rembang. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER-KATA PENGANTAR.pdf Download (1MB) |
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
4. DAFTAR ISI.pdf Download (330kB) |
|
Text
5. BAB I.pdf Download (649kB) |
|
Text
6. BAB II.pdf Download (982kB) |
|
Text
7. BAB III.pdf Download (559kB) |
|
Text
8. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
9. BAB V.pdf Download (649kB) |
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (584kB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi karena melihat pentingnya peran lembaga pendidikan dalam pelaksanaan pendidikan karakter dan realita yang masih ada, maraknya tindak kejahatan baik di media elektronik dan media cetak, dan berkurangnya rasa gemar membaca Al-Qur’an pada peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah 1). untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter peserta didik melalui program tahfidz Al-Qur'an di MI Annuroniyah Kemadu Sulang Rembang 2) untuk mengetahui hambatan pendidikan karakter peserta didik melalui program tahfidz Al-Qur'an di MI Annuroniyah Kemadu Sulang Rembang 3) untuk mengetahui solusi pendidikan karakter peserta didik melalui program tahfidz Al-Qur'an di MI Annuroniyah Kemadu Sulang Rembang Penelitiaan ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya yaitu penelitian lapangan. Sumber data berupa data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis berupa reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Program tahfidz Al-Qur’an di MI Annuroniyah ada 3 tahapan yaitu tahapan pertama perencanaan, tahapan kedua kegiatan pelaksanaan program tahfidz dilakukan setiap hari dan pembiasaan. Tahapan ketiga evaluasi yang dilakukan untuk mengetahui tingkat hafalan peserta didik. 2) Faktor penghambatnya: kurangnya tenaga guru tahfidz, sulitnya mempertahankan minat menghafal pada peserta didik, kurangnya perhatian dari orang tua, peserta didik masih malas dalam menyetorkan hafalan, pencapaian peserta didik yang berbeda-beda terbatasnya alokasi waktu. 3)Solusi dari hambatan adalah Sekolah berupaya memberikan pembinaan kepada guru akan pentingnya penanaman nilai-nilai pendidikan karakter, guru selalu memotivasi akan pentingnya membaca dan menghafal Al-Qur’an, guru selalu memberi dorongan semangat kepada peserta didik, orang tua harus bisa mengontrol anak ketika dirumah agar menghafalkan dengan baik, waktu relatif singkat guru saat proses pembelajaran dikelas harus menyelipkan nilai-nilai karakter Qur’ani, guru memberi semangat kepada peserta didik yang terlambat jauh dengan temanya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Program Tahfidz Al-Qur’an, Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 28 Nov 2024 03:23 | ||||||
Last Modified: | 28 Nov 2024 03:23 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12757 |
Actions (login required)
View Item |