Fatimah, Nor (2023) Efektivitas Konseling Kelompok Islami Teknik Reframing Untuk Mengurangi Academic Burnout Peserta Didik Kelas VIII di MTs NU Matholi’ul Huda Kedungsari Gebog Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (999kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (425kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (367kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (521kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (610kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (400kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (645kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (363kB) |
|
Text
9. DAPUS.pdf Download (347kB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan khusus untuk mengetahui; 1) Bagaimana tingkat academic burnout peserta didik kels VIII sebelum dan setelah diberikan layanan konseling kelompok islami teknik reframing, 2) Bagaimana pelaksanaan konseling kelompok islami teknik reframing pada peserta didik kelas VIII, 3) Bagaimana efektivitas konseling kelompok islami teknik reframing untuk mengurangi academic burnout peserta didik kelas VIII. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain one group pretest and posttest. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan sampel penelitian yang terpilih sebanyak 20 orang dengan tingkat academic burnout yang cukup tinggi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner angket, observasi dan dokumentasi. Angket academic burnout diberikan sebelum dan sesudah layanan konseling kelompok islami teknik reframing. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh layanan konseling kelompok islami teknik reframing untuk mengurangi academic burnout terhadap siswa MTs NU Matholi’ul Huda yaitu dibuktikan dari uji hipotesis menggunakan SPSS 25. Penelitian dilakukan dengan memberikan treatment konseling kelompok islami teknik reframing sebanyak 3 kali pertemuan. Berdasarkan hasil uji non parametrik dengan uji wilcoxon menggunakan bantuan software spss 25. Hal ini menunjukkan bahwa data hasil uji wilcoxon signed ranks terdapat perubahan nilai sebelum dan sesudah diberikannya layanan. Negative ranks dengan nilai N 20 artinya seluruh sampel tersebut mengalami penurunan hasil nilai dari pretest ke posttest. Mean ranks sebesar 10,50 dan Sum of ranks sebesar 210,00 serta nilai Ties adalah 0 berarti tidak adanya kesamaan nilai pretest dan posttset. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada academic burnout siswa MTs NU Matholi’ul Huda sebelum dan sesudah mendapatkan perlakuan konseling kelompok islami dengan teknik reframing. diketahui bahwa nilai sig 0,000 < 0,05 sehingga keputusan hipotesis adalah diterima, yang artinya bahwa konseling kelompok islami teknik reframing efektif untuk mengurangi academic burnout pada peserta didik kelas VIII di MTs NU Matholi’ul Huda Kedungsari Gebog Kudus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Konseling Kelompok Islami, Teknik Reframing, Academic Burnout | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 28 Nov 2024 04:48 | ||||||
Last Modified: | 28 Nov 2024 04:48 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12774 |
Actions (login required)
View Item |