PENGARUH KUALITAS LAYANAN SYARIAH, NILAI-NILAI ISLAM DAN CITRA DESTINASI TERHADAP LOYALITAS DENGAN KEPUASAN PENGUNJUNG SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA MASJID AGUNG DEMAK)

Saifudin, Saifudin (2017) PENGARUH KUALITAS LAYANAN SYARIAH, NILAI-NILAI ISLAM DAN CITRA DESTINASI TERHADAP LOYALITAS DENGAN KEPUASAN PENGUNJUNG SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA MASJID AGUNG DEMAK). Masters thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (5MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (5MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Daya tarik wisata religi Indonesia merupakan anugerah yang dimiliki bangsa Indonesia, demikian keragaman budaya dengan potensi yang demikian sempurna. Pengembangan pariwisata religi dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi pembangunan, maka dalam pelaksanaannya dibutuhkan strategi yang terencana dan sistematis agar kepuasan serta loyalitas pengunjung dapat terbentuk. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder dengan metode survei melalui penyebaran kuesioner. Terdapat tiga variabel independen dalam penelitian ini yaitu (X1) kualitas layanan syariah, (X2) nilai-nilai Islam, dan (X3) citra destinasi. Variabel dependen (Y1) dalam penelitian ini adalah kepuasan pengunjung. Sedangkan variabel mediasi (Y2) adalah loyalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung atau peziarah wisata Masjid Agung Demak dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan membagikan kuesioner sejumlah 167 kepada para responden. Penelitian ini menggunakan alat analisis SEM-PLS dengan bantuan program WarpPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kualitas layanan syariah tidak berpengaruh terhadap loyalitas dengan koefisien ß=0,03 dan p=0,39 (2) nilai-nilai Islam berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap loyalitas dengan koefisien ß=0,34 dan p<0,01 (3) citra destinasi berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap loyalitas dengan koefisien ß=0,38 dan p<0,01 (4) Kualitas layanan syariah tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung dengan koefisien ß=0,16 dan p=0,1 (5) nilai-nilai Islam tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung dengan koefisien ß=0,12 dan p=0,07 (6) citra destinasi berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap kepuasan pengunjung dengan koefisien ß=0,64 dan p<0,01 (7) kepuasan pengunjung berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas dengan koefisien ß=0,24 dan p<0,01 (8) kepuasan pengunjung tidak memediasi hubungan antara kualitas layanan syariah dan loyalitas ditunjukkan pada model direct dan indirect tidak signifikan p=0,39 dan p=0,47 (9) kepuasan pengunjung tidak memediasi hubungan antara nilai-nilai Islam dan loyalitas ditunjukkan pada model direct dan indirect koefisien naik dari ß=0,34 menjadi ß=0,35 (10) kepuasan pengunjung memediasi sebagian hubungan antara citra destinasi dan loyalitas dengan koefisien turun dari ß=0,38 menjadi ß=0,26 serta tetap signifikan p<0,01. The appeal of religious tourism Indonesia is a gift of the Indonesian nation, as cultural diversity with the potential for such perfect. The development of religious tourism can provide maximum benefit for the development, implementation required a deliberate and systematic strategy that visitor satisfaction and loyalty can be formed. This research is a field (field research) with quantitative approach. The data used are primary and secondary data with survey through questionnaires. There are three independent variables in this study are (X1) quality of service sharia, (X2) the values of Islam, and (X3) image of the destination. The dependent variable (Y1) in this study is the satisfaction of visitors. While mediating variables (Y2) is loyalty. The population in this study are all visitors or pilgrims Mosque Demak travel within the past year. The sampling technique is done by purposive sampling. Collecting data in this study conducted by distributing questionnaires to a number of 167 respondents. This study uses the SEM-PLS analysis tool with the help of the program WarpPLS 3.0. The results of this study indicate that: (1) the quality of sharia has no effect on loyalty to the coefficient ß = 0.03 and p = 0.39 (2) of Islamic values and significant positive effect directly on loyalty to the coefficient ß = 0, 34 and p <0.01 (3) image destinations positive and significant effect directly on loyalty to the coefficient ß = 0.38 and p <0.01 (4) the service quality of sharia has no effect on visitor satisfaction with the coefficient ß = 0, 16 and p = 0.1 (5) the values of Islam had no effect on visitor satisfaction with the coefficient ß = 0.12 and p = 0.07 (6) image destinations positive and significant effect directly on visitor satisfaction with the coefficient ß = 0.64 and p <0.01 (7) of visitor satisfaction and significant positive effect on loyalty to the coefficient ß = 0.24 and p <0.01 (8) the satisfaction of the visitors do not mediate the relationship between service quality and loyalty sharia shown in the model direct and indirect were not significant p = 0.39 and p = 0.47 (9) the satisfaction of the visitors do not mediate the relationship between the values of Islam and the loyalty shown in the model direct and indirect coefficients of ß = 0.34 ride into ß = 0, 35 (10) of visitor satisfaction partially mediates the relationship between the image of the destination and loyalty with coefficients of ß = 0.38 descend into ß = 0.26, and remained significant p <0.01.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: kualitas layanan syariah; nilai-nilai Islam; citra destinasi; kepuasan pengunjung; loyalitas
Subjects: Islam (Umum)
Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam
Sosial dan Budaya Islam > Kesenian dan Kebudayaan Islam
Divisions: Pascasarjana > Ekonomi Syariah (ES)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Jun 2017 03:12
Last Modified: 08 Jun 2017 03:12
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1278

Actions (login required)

View Item View Item