Rahman, M. Zulfa Fathur (2024) Korelasi Hukum Ekonomi Syariah dengan Etika Bisnis (Pada Rumah Makan Ayam Geprek Sa’i Rembang). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (501kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (286kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (656kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (960kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (552kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (441kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (585kB) |
Abstract
Banyaknya kaum muslim di Indonesia, tentunya segala sesuatu yang dikonsumsi harus hal-hal yang sifatnya halal. karena umat muslim dalam hal mengkonsumsi mememtingkan yang halal, maka munculah suatu trobosan berupa rumah makan berbasis syariah. Rumah makan berbasis syariah merupakan rumah makan yang segala kegiatan oprasionalnya dilandaskan dengan syariat Islam. Di dalam agama islam suatu bisnis dikatakan sudah sesuai dengan syariat apabila penerapan etika bisnis islam dan maslahah dapat terwujud secara keseluruhan. Oleh karena itu penulis tertarik untuk mengangkat masalah tentang penerapan etika binis pada rumah makan ayam geprek sa’i rembang di lihat dari sisi hukum ekonomi syariah, apakah sudah sesuai ataukah belum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hibungan hukum ekonomi syariah dengan etika bisnis pada rumah makan ayam geprek sa’i rembang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan tiga prosedur yaitu: wawancara semi tersestuktur, observasi non partisipan dan dokumentasi lainnya. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan Langkah-langkah sebagai berikut : reduksi data, display data dan kesimpulan. Sedangkan perpanjangan pengamatan, ketekunan penelitian, triagnulasi menggunakan bahan refrensi dan member check dijadikan untuk langkah menguji kebasahan suatu data. Hasil dari penelitian ini yaitu penerapan etika bisnis yang diterapkan Rumah Makan Ayam Geprek Sa’i Rembang yaitu berupa etika bisnis islam dan sudah sesuai dengan hukum ekonomi syariah dengan wujud tercapainya lima indikator maqasid as syariah. Dan korelasi diantara hukum ekonomi syariah dengan etika bisnis sangat erat yaitu untuk mewujudkan kemaslahatan di bidang ekonomi. Implementasi etika bisnis islam di rumah makan ayam geprek sa’i rembang sudah baik. Dengan dibuktikan dari penerapan tujuh prinsip etika bisnis islam yaitu : prinsip ketauhidan, prinsip keilmuan, prinsip kebaikan, prinsip kebebasan, prinsip tanggungjawab, prinsip keadilan dan prinsip halal haram. Tetapi di dalam prinsip kebikan yang diterapkan dengan bentuk paket palestina, belum terimplementasi secara sempurna, dikarenakan para pelanggan belum ada yang tahu tentang paket tersebut. Penerapan etika bisnis di suatu perusahaan berdampak pada kemajuan perusahaan dan menguntungkan dalam persaingan bisnis, sedangkan bagi konsumen terciptanya rasa kepuasan terhadap rumah makan ayam geprek sa’i.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Etika Bisnis, Hukum Ekonomi Syariah | ||||||
Subjects: | Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam | ||||||
Divisions: | Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 02 Dec 2024 08:39 | ||||||
Last Modified: | 02 Dec 2024 08:39 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12793 |
Actions (login required)
View Item |