Pengaruh Model Pembelajaran Make a match Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Kelas IV Di mi nu Raudlatus Shibyan 01 Dan MI NU Raudlatus Shibyan 02 Peganjaran Bae Kudus

Qulub, Tanwirul (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Make a match Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Kelas IV Di mi nu Raudlatus Shibyan 01 Dan MI NU Raudlatus Shibyan 02 Peganjaran Bae Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (389kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (535kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (704kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (971kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (300kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (515kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) imengetahui ikedisiplinan ipeserta ididik ipada ikelompok ieksperimen idan ikelompok ikontrol isebelum ipelaksanaan imodel ipembelajaran iMake iA iMatch ipada iMata iPelajaran iPendidikan iPancasila ikelas iIV di iMI iNU iRaudlatus iShibyan i01 idan iMI iNU iRaudlatus iShibyan 02, (2) imengetahui ikedisiplinan ipeserta ididik ipada ikelompok ieksperimen idan ikelompok ikontrol isetelah ipelaksanaan imodel ipembelajaran iMake iA iMatch ipada iMata iPelajaran iPendidikan iPancasila ikelas iIV di MI NU Raudlatus iShibyan i01 idan iMI iNU Raudlatus Shibyan i02, (3) imengetahui ipengaruh ipenerapan imodel ipembelajaran iMake iA iMatch iterhadap ikedisiplinan ipesera ididik ipada imata ipelajaran iPendidikan iPancasila ikelas iIV di MI NU Raulatus iShibyan i01 idan MI NU iRaudlatus iShibyan i02. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan menggunakan pendekatan secara kuantitatif. Populasi idalam ipenelitian iini iadalah ipeserta ididik ikelas iIV idi iMI iNU iRaudlatus iShibyan i01 idan ipeserta ididik ikelas iIV idi iMI iNU iRaudlatus iShibyan i02 iPeganjaran, iBae, ikudus. Penelitian ini menggunakan teknik isampling ipurposive iyaitu iteknik isampel idengan ipertimbangan itertentu iyang isesuai idengan ipenelitian. iPada ipenelitian iini ipeneliti imengambil isampel ipeserta ididik idari idua ikelas, iyaitu ipeserta ididik ikelas iIV iMI iNU iRaudlatus iShibyan i01 isebagai ikelas ieksperimen idan ikelas iIV iMI iNU iRaudlatus iShibyan i02 isebagai ikelas ikontol. Adapun jumlah anggota sampel yaitu masing-masing kelas dipilih 20 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Tidak iterdapat iperbedaan ikedisiplinan ipeserta ididik iantara ikelas ieksperimen idengan ikelas ikontrol isebelum idiberikan iperlakuan imodel ipembelajaran imake ia imatch idi iMI iNU iRaudlatus iShibyan i01 idan iMI iNU iRaudlatus iShibyan i02. iHasil ipretest imenunjukkan inilai irata-rata ikelas ieksperimen isebesar i63.05, isedangkan inilai irata-rata ikelas ikontrol isebesar i59.35. iKetika idiuji idengan imenggunakan iuji iwilcoxo, ihasilnya imenunjukkan iSig.α = i0,506. iArtinya itidak iterdapat iperbedaan iantara inilai ipretest ikelas ieksperimen idengan inilai ipretest ikelas ikontrol. iYang imana inilainya ilebih ibesar idari iSig.α = i0,506 i(0,000 i> i0,05). (2) Terdapat iperbedaan ikedisiplinan ipeserta ididik ikelas ieksperimen idengan ikedisiplina ipeserta ididik ikelas ikontrol isesudah idiberikan iperlakuan imodel ipembelajaran imake ia imatch idi iMI iNU iRaudlatus iShibyan i01 idan iMI iNU iRaudlatus iShibyan i02. iHasil ipretest imenunjukkan inilai irata-rata ikelas ieksperimen isebesar i80.45, isedangkan inilai irata-rata ikelas ikontrol isebesar i75.55. iKetika idiuji idengan imenggunakan iuji iwilcoxo, ihasilnya imenunjukkan iSig.α = i0,000 (0,000 < i0,05). (3) Terdapat ipengaruh iyang isignifikan ipenggunaan imodel ipembelajaran imake ia imatch ipada imata ipelajaran ipendidikan ipancasila idi iMI iNU iraudlatus iShibyan i01 idan iMI iNU iRaudlatus iShibyan i02. iHal itersebut iditunjukkan idari ihasil ianalisis ikorelasi ir-hitung isebesar i0.787, idan ihasil isignifikansi isebesar i0.00 idimana ihasil itersebut ilebih ikecil idari i0,05. iMaka idapat iditarik ibahwa ihipotesis inol i(Ho) iditolak i(Ha) iditerima, iartinya iterdapat ipengaruh iantara imodel ipembelajaran imake ia imatch iterhadap ikedisiplinan ipeserta ididik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMuzdalifah, MuzdalifahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Make a match, Kedisiplinan, Pengaruh
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Dec 2024 08:11
Last Modified: 10 Dec 2024 08:11
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12855

Actions (login required)

View Item View Item